Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe Duduk di Kursi Roda dalam Foto Sebelum Meninggal

Kompas.com - 06/09/2019, 17:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe nampak duduk di kursi roda bersama putra tersayang dalam foto yang diambil sebelum dia meninggal dunia.

Mugabe yang meninggal pada usia 95 tahun pada Jumat waktu setempat (6/9/2019) memerintah Zimbabwe selama 37 tahun sebagai perdana menteri dan presiden.

Baca juga: Dari Yesus hingga Homoseksual, Inilah Kutipan Terkenal Mugabe

Diwartakan Daily Mirror, sang anak Robert Peter Mugabe Junior mengunggah foto bersama sang anak, Robert Mugabe, di akun media sosialnya Juni lalu.

Mantan pemimpin yang memerintah dengan tangan besi sejak 1980 hingga dia mengundurkan diri pada 2017 lalu terlihat berada di ruang perawatan rumah sakit Singapura.

Dalam foto sambil duduk di kursi roda, Mugabe mengenakan pakaian olahraga Adidas yang dipadu dengan sepatu bermerek sama. Sang mantan presiden nampak menumbuhkan janggut di wajahnya.

Kemudian dalam kedua yang diunggah, Robert Junior duduk berdampingan bersama sang ayah dan Grace, perempuan yang menjadi istri kedua Mugabe.

Kepada harian Zimbabwe, seorang kerabat Mugabe mengatakan dari empat anak yang dipunyai sang mantan presiden, hanya Robert Junior yang disebut selalu mendampingi ayahnya.

"Dia menjadi batu karang yang teguh bagi sang ayah. Robert bakal terus menemaninya hingga akhir," kata kerabat Mugabe yang tidak disebutkan identitasnya itu.

Dalam sebuah apel kampanye yang digelar di kampung halaman Mugabe, Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa menuturkan bahwa Mugabe kini sudah tidak bisa berjalan.

"Dia memang sudah tidak bisa berjalan. Namun kami akan tetap merawatnya," kata Mnangagwa mengomentari mantan rekan seperjuangan yang sempat memecatnya di 2017.

Baca juga: Mengenang Robert Mugabe: Dari Guru hingga Jadi Orang Terkuat Zimbabwe

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com