Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temukan Pesan Ingin Bunuh Diri di WhatsApp, EasyJet Larang Pilotnya Terbang

Kompas.com - 23/08/2019, 22:31 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Maskapai asal Inggris EasyJet menyatakan mereka melarang salah satu pilot untuk terbang setelah menemukan pesannya ingin bunuh diri di WhatsApp.

Teman pilot itu langsung memberitahukan maskapai setelah dalam satu pesannya dia menuliskan "aku ingin bunuh diri. Hidup ini sangat memuakkan" di grup WhatsApp.

Baca juga: Cegah Penumpang Terserang Reaksi Alergi, easyJet Stop Sajikan Kacang

Keputusan EasyJet melarangnya merujuk kepada tragedi jatuhnya pesawat maskapai Jerman, Germanwings, pada 24 Maret 2015 yang membunuh 150 penumpang serta awak kabin.

Diberitakan Daily Mirror Jumat (23/8/2019), insiden yang terjadi di Prads-Haute-Bleone, Perancis, itu dikarenakan kopilot Andreas Lubitz menderita depresi.

EasyJet dalam keterangan resmi menyatakan, mereka sudah menginstruksikan si pilot untuk melakukan serangkaian tes kesehatan mental selama beberapa pekan sebelum terbang.

Sumber internal maskapai kepada The Sun mengatakan, mereka langsung melarang pilot yang tak disebutkan identitasnya setelah mereka diperingatkan temannya.

"Kami tidak ingi mengambil risiko. Siapa pun yang membagikan keinginan untuk bunuh diri berhak mendapatkan bantuan yang diperlukan," terang sumber itu.

"Tidak bertindak dan menganggap mereka masih baik-baik saja tidak cukup. Terlalu banyak yang dipertaruhkan. Memori tragedi Germanwings jadi fokus kami," lanjut dia.

Dalam pesannya di WhatsApp, si pilot menutuskan dia menceritakan hidupnya sangat menyedihkan meski sudah membuka diri dan mendapatkan banyak teman.

Meski dia menyanggah tidak ingin bunuh diri, juru bicara EasyJet menerangkan keselamatan penumpang maupun awak kabin merupakan prioritas utama mereka.

"Kami bisa mengonfirmasi bahwa pilot itu dilarang terbang selama beberapa hari. Selain melakukan penyelidikan, kami juga menawarkan bantuan," terang maskapai.

Baca juga: Pramugara EasyJet Buka Pintu Toilet Setelah Penumpang Terlalu Lama di Dalam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com