Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amazon Buka Kantor Terbesar di India, Mampu Tampung 15.000 Karyawan

Kompas.com - 23/08/2019, 18:21 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

HYDERABAD, KOMPAS.com - Sebuah perusahaan e-commerce terbesar di dunia, Amazon, baru saja membuka kantor baru di India.

Kantor yang berlokasi di kota Hyderabad tersebut mampu menampung hingga 15.000 karyawan dan diklaim sebagai gedung kantor terbesar di dunia.

Dilansir The Sun, gedung kantor Amazon tersebut menempati lahan seluas 3,8 hektare dan menggunakan material baja dua kali lebih banyak dari dibutuhkan untuk membangun Menara Eiffel.

Baca juga: Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 40 Triliun dalam Seminggu

Gedung berlantai 12 itu memiliki luas total 167.000 meter persegi dan baru saja diresmikan setelah memakan waktu tiga tahun untuk proses pembangunannya.

Gedung tersebut menjadi bangunan kantor pertama yang dimiliki sepenuhnya oleh Amazon di luar Amerika Serikat.

"Investasi untuk membangun kantor sebesar ini menunjukkan bahwa kami akan terus tumbuh," kata Manajer Amazon untuk negara India, Amit Agarwal, Rabu (22/8/2019).

"Bangunan kantor baru Amazon ini adalah bukti komitmen nyata untuk pemikiran jangka panjang dan rencana kami untuk India," lanjut Agarwal.

Baca juga: Berumur 25 Tahun, Ini Cerita di Balik Suksesnya Raksasa E-Commerce Amazon

India dipandang sebagai salah satu pasar terbesar utama yang harus ditembus oleh Amazon, namun mereka menghadapi persaingan yang semakin ketat dari para pemain lokal.

Pendiri Amazon, Jeff Bezos, disebut telah menginvestasikan lebih dari 5 miliar dollar AS (sekitar Rp 71 triliun) untuk pengoperasian kantor di India, yang berusaha menangkis persaingan dari unit e-commerce Walmart, yakni Flipkart.

Meski demikian, negara itu telah terbukti menjadi salah satu pasar luar negeri dari Amazon dengan pertumbuhan paling cepat.

Wakil Presiden Amazon urusan real estat dan fasilitas global, John Schoettler, mengatakan, kantor baru itu akan menampung karyawan dari berbagai divisi, termasuk layanan Amazon Web Service.

Amazon mulai beroperasi di India pada 2004 dengan membuka kantor perwakilan di Hyderabad, tetapi baru membuka operasi ritelnya pada 2013.

Baca juga: Bos Amazon Disebut Bakal Serahkan Harta Gana-gini Rp 536 Triliun ke Mantan Istri

Di India, Amazon mempekerjakan hingga 62.000 karyawan, dengan sepertiganya akan ditempatkan di gedung baru di Hyderabad.

Selanjutnya, Amazon telah memilih Arlington, negara bagian Virginia, AS, untuk menjadi lokasi markas keduanya yang akan datang.

Gedung kantor Amazon di Hyderabad dibangun dengan mempertimbangkan efisiensi, menempatkan masing-masing lantai ke kategori produk tunggal, mulai dari kerajinan hingga musik.

Gedung tersebut juga dilengkapi ruang uji produk dan layanan in-house baru seperti Alexa Pod dan Inside Day 1 Alexa Skill, layanan beta yang akan menggunakan Alexa untuk meningkatkan keterlibatan karyawan di tempat kerja.

Baca juga: Warren Buffett Beli Saham Amazon Sebesar Rp 13 Triliun

Bangunan tersebut dirancang menggunakan kombinasi granit, kaca, dan sangat banyak logam baja.

Fasilitas lain yang telah diketahui di antaranya ruang doa bersama, hingga landasan helikopter atau helipad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com