Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Berkunjung Gara-gara Greenland, Trump Dianggap Hina Ratu Denmark

Kompas.com - 21/08/2019, 22:24 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Seorang politisi Denmark menyebut Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sudah menghina ratu mereka dengan batal berkunjung gara-gara Greenland.

Sebelumnya dalam kicauannya di Twitter, Trump menyatakan dia "menunda" kunjungan yang sedianya bakal dilaksanakan pada 2-3 September nanti.

Baca juga: Jadi Sebab Pembatalan Kunjungan Trump ke Denmark, Ini 5 Fakta Greenland yang Perlu Diketahui

Penundaan itu terjadi setelah Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen menegaskan Greenland tidak dijual, dan menyebut ketertarikan Trump "konyol".

Kecaman keras pun datang dari Soren Espersen, juru bicara urusan luar negeri dari Partai Rakyat Denmark kepada harian lokal, Ritzau.

Dikutip Russian Today Rabu (21/8/2019), Espersen mengatakan pembatalan sepihak yang dilakukan adalah penghinaan bagi Ratu Margrethe II.

Sebab, kunjungan Trump itu merupakan inisiatif Ratu pribadi. "Ini benar-benar penghinaan kepada beliau sebagai tuan rumah," kecam Espersen.

Sementara mantan ketua parlemen Pia Kjaersgaard mengemukakan bahwa Trump kurang mempunyai rasa hormat dan sudah merendahkan baik rakyat Denmark maupun Ratu.

"Trump seolah hidup di planet lain. Dia egois dan tidak punya rasa hormat," ujar Pernille Skipper, politisi dari Aliansi Merah Hijau.

Sementara Ratu Margrethe II tidak berkomentar. Namun juru bicara kerajaan menerangkan keputusan presiden 73 tahun itu "sangat mengejutkan".

Trump beralasan bahwa membeli Greenland bakal memberikan "keuntungan strategis" bagi AS. Dia mengklaim Kopenhagen menderita karena menanggung finansial kawasan itu.

Baca juga: Trump Batalkan Kunjungan karena Isu Greenland, Denmark Kaget

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com