Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalani Operasi Pembesaran Payudara secara Diam-diam, Ibu Muda Ini Justru Meninggal

Kompas.com - 21/08/2019, 22:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Mirror

NANYANG, KOMPAS.com - Seorang ibu muda di China meninggal di meja operasi setelah diam-diam menjalani prosedur pembesaran payudara.

Yang Xue (28), tidak memberi tahu suami maupun keluarganya saat memutuskan akan menjalani operasi pembesaran payudara.

Pihak keluarga baru mengetahui setelah mendapat kabar jika Yang telah meninggal di tengah operasi.

Diduga dokter bedah di Klinik Bedah Plastik Wanhe, Kota Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, tempat yang menjalani operasi pembesaran payudara, tidak memenuhi syarat untuk melakukan prosedur operasi.

Baca juga: Putri Denmark Sangkal Tuduhan Operasi Pembesaran Payudara

Dilansir Mirror, insiden itu terjadi pada 18 Agustus lalu. Suami Yang, Zhang, mengaku dirinya tidak tahu tentang rencananya untuk melakukan operasi.

Menurut laporan, Yang telah dua kali pergi tanpa memberi tahu tujuannya kepada keluarga. Diduga yang pertama saat Yang pergi ke klinik dua bulan lalu untuk mendaftar prosedur operasi pembesaran payudara.

Klinik tempat Yang menjalani prosedur operasi telah ditutup untuk penyelidikan resmi di tengah klaim bahwa petugas medis di tempat tersebut tidak memenuhi persyaratan.

"Pada hari itu dia meninggalkan rumah pukul 10 pagi dan kami baru mengetahui apa yang terjadi sekitar pukul 17.35 petang," kata Zhang.

Baca juga: Seorang Ibu Muda Tewas Setelah Jalani Operasi Pembesaran Bokong

"Awalnya mereka memberi tahu kami jika masih berusaha untuk menyadarkannya kembali, tetapi setelah petugas medis tiba mereka menyatakan dia sudah meninggal."

"Saya melihat ada darah keluar dari mata, hidung, mulut, dan telinga istri saya. Lehernya penuh bekas jarum," kata Zhang.

Zhang mengaku tidak tahu menahu tentang operasi yang dijalani istrinya. Dia pun curiga saat pihak klinik menunjukkan dokumen yang ditandatangani istrinya.

"Saya bahkan tidak tahu dia akan dioperasi. Tidak ada yang ditandatangani. Mereka menunjukkan kepada saya sebuah dokumen yang ditandatangani, tapi itu jelas palsu. Itu jelas tidak ditandatangani oleh istri saya," ujarnya.

Pihak berwenang telah menahan dan menanyai dua dokter dan seorang perawat, sementara tempat praktik mereka telah ditutup.

Baca juga: Wanita Ini Lakukan Pembesaran Payudara hingga 6 Kali

Pihak kepolisian maupun juru bicara pemerintah tidak mengungkap secara rinci tentang apa yang terjadi selama operasi maupun penyebab kematian Yang.

Zhang mengklaim dugaan bahwa dokter di klinik tersebut tidak memenuhi persyaratan untuk melakukan prosedur operasi dan klinik tidak dilengkapi peralatan untuk menangani komplikasi medis.

Sementara ibu korban mengungkapkan kepada media dirinya hanya tahu putrinya ke pergi ke klinik dan meninggalkan rumah tanpa sarapan.

"Dia menelepon pada siang hari mengatakan sedang bersiap untuk perbaikan operasi sebelumnya dan dokter mengatakan dia tidak boleh makan apa pun sebelum operasi," kata ibunda Yang.

Baca juga: Inovasi Injeksi Vampir untuk Pembesaran Payudara

"Saat saya bertanya kapan dia akan pulang dia menjawab 'Tidak yakin' dan langsung menutup telepon," tambahnya.

Kasus ini kini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com