Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hotel di Ukraina Tewaskan 8 Orang, Dorong Inspeksi Tempat Hiburan

Kompas.com - 17/08/2019, 19:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

ODESSA, KOMPAS.com - Kebakaran melanda sebuah hotel di Ukraina, Sabtu (17/8/2019), menewaskan delapan orang dan melukai 10 lainnya.

Insiden tersebut terjadi di Hotel Tokyo Star yang berada di kota pelabuhan Odessa, pada Sabtu dini hari, sekitar pukul 01.34 waktu setempat.

Sebanyak 13 kendaraan dan sekitar 65 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api, yang baru padam setelah tiga jam kemudian.

Jumlah korban menurut layanan darurat sebanyak delapan orang tewas dan 10 cedera.

Baca juga: Butuh 120 Petugas untuk Padamkan Kebakaran Hotel Mewah di London

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dalam pernyataannya di Facebook, menuliskan bahwa empat korban cedera dalam kondisi kritis.

Sementara itu otoritas Odessa mengatakan, sekitar 150 orang terpaksa diungsikan menjauh dari lokasi kebakaran.

Pihak kepolisian telah membuka penyelidikan kriminal atas adanya kemungkinan pelanggaran persyaratan keselamatan api dan sedang mencari penyebab munculnya api yang memicu kebakaran.

"Kita kehilangan delapan nyawa dalam semalam. Dan ini bukan karena perang maupun penembakan, melainkan karena kelalaian kriminal, pengabaian standar keselamatan dasar dan pengabaian terhadap hidup manusia," tulis Zelensky di Facebook.

Zelensky menambahkan, dirinya secara pribadi akan memastikan bahwa pihak-pihak yang bertanggung jawab atas insiden kebakaran itu akan menerima hukuman sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Baca juga: Asap Tebal Kebakaran Hotel di Filipina Sulitkan Upaya Evakuasi

Sementara itu, Perdana Menteri Volodymyr Groysman, dalam laman Facebook miliknya, memerintahkan dilakukannya inspeksi secara besar-besaran terhadap tempat-tempat hiburan, terutama hotel dan resor yang ada di seluruh negeri.

Kota Odessa merupakan kota pelabuhan Laut Hitam yang berlokasi sekitar 475 kilometer arah selatan ibu kota Ukraina, Kiev, yang menjadi tujuan wisatawan selama musim panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com