Kompas.com - 16/08/2019, 16:29 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Akstris AS-China Liu YiFei yang adalah pemeran Mulan Live action menuai sorotan setelah dia mendukung polisi Hong Kong dalam demo yang masih berlangsung.

Terdapat seruan melakukan boikot dengan tagar #BoycottMulan menjadi trending di Twitter pada Twitter Jumat (16/8/2019) dengan 16.000 unggahan membahas namanya.

Dilansir SCMP, di media Weibo di mana Liu mempunyai 65,6 juta pengikut, dia membagikan unggahan dari People's Daily yang merupakan harian Partai Komunis China.

Baca juga: Spiderman Perancis Alain Robert Kibarkan Pesan Perdamaian di Gedung Bertingkat Hong Kong

"Saya mendukung polisi Hong Kong. Kalian bisa menyiksaku sekarang," demikian kutipan dari People's Daily disertai kalimat dalam bahasa Inggris "Betapa memalukannya Hong Kong."

Kutipan merupakan pernyataan yang dibuat oleh Fu Guohao, jurnalis bagi media The Global Times yang disiksa pendemo di bandara setelah dia diduga polisi yang menyamar.

Sementara postingan People's Daily banyak dibagikan selebritas China, Liu jadi sorotan karena dia membintangi salah satu film besutan Hollywood.

Polisi kota semi-otonom itu dikecam karena menggunakan kekerasan ketika meredam demo tak hanya kepada pengunjuk rasa. Namun juga jurnalis yang bertugas.

Komisioner HAM PBB Michelle Bachelet mengatakan, dia mengaku khawatir dengan aksi polisi dan menyerukan adanya penyelidikan yang independen soal cara penanganan pendemo.

"Liu YiFei sudah menghancurkan salah satu karakter favorit saya di Disney. Menyebalkan! Dia mendukung kebrutalan polisi Hong Kong #BoycottMulan," kata netizen Twitter bernama Nardia Huang.

Namun, ada juga tagar untuk tidak memboikot Mulan. Salah satunya warganet Madeline Colombo yang mengatakan, Liu berhak untuk meyakini apa yang dia yakini.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.