Kompas.com - 16/08/2019, 07:52 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un Juni lalu merupakan salah satu momen bersejarah tahun ini.

Sebabnya, Trump menjadi presiden aktif pertama AS yang menginjakkan kakinya di wilayah Korut dalam pertemuan singkat yang berlangsung di Panmunjom itu.

Trump pun mempunyai jawaban mengapa pertemuan dengan Kim Jong Un bisa terjadi: karena sang pemimpin Korut itu langsung merespons kicauannya di Twitter.

Baca juga: Kim Jong Un Pakai Jam Tangan Rp 171 Juta saat Awasi Peluncuran Rudal Korea Utara

Kepada radio New Hampshire Today, Trump menuturkan Kim merespons dalam waktu 10 menit setelah dia mengunggah twit mengajak bertemu di perbatasan.

Dilansir AFP Kamis (15/8/2019), itu berarti ada orang lain di Pyongyang, mungkin Kim sendiri, yang terus memantau kicauan Twitter presiden 73 tahun itu.

Trump kemudian mengisahkan ketika dia di Korea Selatan (Korsel), dia mempunyai ide untuk menggelar pertemuan di desa yang lokasi terpercaya dua negara.

Saat itu, dia menuturkan tidak banyak orang tahu bagaimana caranya berkomunikasi dengan Kim. Karena itu, dia memutuskan mengunggah sebuah twit.

"Saya mengatakan 'Hei, saya pergi ke Korsel saat ini. Jika Anda (Kim) ingin bertemu selama beberapa menit, mari kita lakukan'," ujar presiden ke-45 AS itu.

"Saya kemudian segera mengunggahnya ke Twitter dan 10 menit kemudian, dia langsung menelepon dalam jeda 10 menit," terang pemimpin dari Partai Republik itu.

Pernyataan Trump itu pun membantah spekulasi bahwa pertemuan itu memang sudah dipersiapkan secara rahasia sembari Trump menghadiri pertemuan KTT G-20 di Osaka, Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.