Kompas.com - 15/08/2019, 08:04 WIB

SHENZHEN, KOMPAS.com — Sebuah citra satelit menunjukkan adanya barisan truk yang memperkuat klaim bahwa China tengah menyiagakan pasukan di perbatasan Hong Kong.

Terdapat dua foto yang menunjukkan sekitar 120 truk tentara atau polisi di stadion kota Shenzhen, di tengah gejolak yang sedang melanda Hong Kong.

Citra satelit di Stadion Shenzhen Bay diambil pada 12 Agustus oleh Maxar, perusahaan teknologi luar angkasa yang bermarkas di Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Dukung Demo Anti-Pemerintah Hong Kong, 2 Pilot Cathay Pacific Dipecat

Gambar itu muncul setelah beredar video berdurasi delapan detik yang menunjukkan konvoi puluhan truk yang menuju stadion di sebelah barat Shenzhen itu.

Stadion itu berlokasi di jalan utama yang menjadi akses ke Hong Kong, kota tempat gelombang demo yang menentang pemerintah setempat berlangsung.

Pada Selasa malam (13/8/2019), pengunjuk rasa bentrok dengan polisi di bandara yang membuat ratusan penerbangan terpaksa dibatalkan.

Rumor yang berkembang dalam beberapa hari terakhir mengisyaratkan China tengah mempersiapkan serangan, memunculkan ketakutan akan tindakan keras besar-besaran.

Tidak diketahui apakah truk-truk itu masih berada di stadion karena awan yang bergelayut membuat satelit kesulitan untuk mendapat perkembangan di sana.

Sementara di situs Weibo, dalam 24 jam terdapat laporan adanya aktivitas militer. Namun, dilansir Sky News Rabu (14/8/2019), kabar itu tak bisa dibuktikan kebenarannya.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump berkicau di Twitter dia mendapat informasi dari intelijen bahwa Beijing bersiap mengerahkan pasukan ke Hong Kong.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.