Kompas.com - 14/08/2019, 07:03 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Demo Hong Kong berlangsung intens dalam dua bulan terakhir sejak UU Ekstradisi yang kontroversial mulai mendapat penolakan dari masyarakat.

Aksi itu membuat China gusar yang kemudian menyebutnya sebagai "terorisme", serta mulai menyiagakan pasukan polisi bersenjata di wilayah perbatasan.

Tak hanya itu. Demo Hong Kong tersebut juga membuat bandara internasional terpaksa membatalkan penerbangan dan membuat sebagian penumpangnya mengeluh.

Baca juga: Terganggu Aksi Demo, Ratusan Penerbangan di Bandara Hong Kong Kembali Dibatalkan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan lima fakta yang harus Anda ketahui mengenai aksi unjuk rasa yang mendapat sorotan dari seluruh dunia itu.

1. Tank dan Kendaraan Lapis Baja China Disiagakan di Perbatasan

Sejumlah kendaraan lapis baja mulai dikerahkan Beijing ke kota yang berbatasan dengan Hong Kong. Itu terlihat dari rekaman dua media yang menunjukkan konvoi di Shenzhen.

Publikasi video itu terjadi di tengah situasi krisis yang tak kunjung membaik, dan disebut terburuk sejak penyerahan Hong Kong dari Inggris ke China 1997 silam.

Dalam video yang diunggah People's Daily, pada Senin (12/8/2019), konvoi kendaraan lapis baja itu disebut dalam rangka perjalanan menuju Shenzhen untuk latihan.

Video berdurasi 39 detik itu menampilkan iring-iringan kendaraan lapis baja yang berjumlah puluhan, yang melintasi ruas jalan, termasuk saat hujan turun.

Karena tidak ada narasi yang muncul dalam video tersebut, spekulasi pun bermunculan terkait apa sebenarnya tujuan pemberangkatan konvoi jumlah besar itu.

Baca juga: Demo Hong Kong: Tank dan Kendaraan Lapis Baja China Disiagakan di Perbatasan

2. 47 WNI Dievakuasi dari Hong Kong

Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu) dikabarkan berhasil mengeluarkan 47 orang WNI yang berada di bandara setempat, dan mendapat apresiasi dari DPR.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.