Kompas.com - 13/08/2019, 06:23 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Situasi di bandara Hong Kong dilaporkan berangsur normal dengan otoritas setempat berencana melanjutkan operasional sejak aksi demo.

"Kami akan memulai proses check in," terang salah satu juru bicara di mana dia membenarkan penerbangan bakal kembali difungsikan di salah satu bandara tersibuk dunia itu.

Papan penerbangan di bandara Hong Kong di aula keberangkatan menunjukkan beberapa sudah terdaftar boarding. Sementara yang lain dijadwalkan untuk take off.

Baca juga: Diduduki Ribuan Demonstran, 100 Penerbangan di Bandara Hong Kong Terganggu

Dilansir AFP Selasa (13/8/2019), penumpang mulai menjalani pemeriksaan, dengan sejumlah kecil demonstran yang memilih untuk tetap bertahan di sana.

Sebelumnya pada Senin siang (12/8/2019), penerbangan terpaksa dibatalkan setelah sekitar 5.000 orang yang mengenakan baju hitam memadati bandara dan melakukan demo secara damai.

Sepanjang malam, massa pro-demokrasi berangsur-angsur meninggalkan bandara secara tertib. Tidak tampak adanya upaya polisi untuk membubarkan mereka dengan paksa.

Hingga Selasa pagi, banyak poster maupun tanda yang dipasang pendemo di bandara mulai dicabut. Namun grafiti seperti "mata dibalas mata" masih belum dibersihkan.

Massa menggunakan slogan itu setelah seorang perempuan kehilangan penglihatannya akibat terluka di wajah ketika bentrok melawan polisi Minggu malam (11/8/2019).

Pengunjuk rasa menyatakan, mereka berencana untuk kembali lagi ke bandara dan melanjutkan demo mereka dalam krisis yang berlangsung dua bulan terakhir.

Demo yang berlangsung di Hong Kong itu awalnya menentang usul penerapan UU Ekstradisi. Namun pada praktiknya, berkembang menjadi tuntutan kebebasan demokrasi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.