Kompas.com - 12/08/2019, 19:33 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengungkapkan gagasan mengejutkan ketika ditanya cara menyelamatkan lingkungan: Buang Air Besar (BAB) sekali.

Awak media menanyakan bagaimana solusi Bolsonaro dalam melestarikan lingkungan sekaligus mencukupi kebutuhan negara. "Cukup makan sedikit saja," katanya.

"Anda membicarakan polusi lingkungan. Cukup dengan BAB satu kali setiap hari bakal lebih mudah untuk dunia," ujar Bolsonaro dikutip AFP via Newsweek Minggu (11/8/2019).

Baca juga: Awas, Main Hp Saat BAB Picu Risiko Ambeien dan Masalah Lain

Komentar Bolsonaro terjadi setelah dia mendapat reaksi keras atas deforestasi Amazon dengan cepat. Institut Nasional Penelitian Angkasa merilis data adanya peningkatan tajam terkait penggundulan hutan.

Namun, presiden yang terkenal dengan julukan "Trump dari Dserah Tropis" itu menuduh lembaga tersebut memanipulasi data guna menjatuhkan citra pemerintahannya.

Dia bahkan memecat direkturnya, fisikawan Ricardo Galvao. "Kami tak bisa menerima aksi sensasional maupun pengungkapan angka keliru yang merusak citra Brasil," tuturnya.

Institut yang mengklaim 95 persen datanya akurat itu mempublikasikan laporan bahwa 1.400 kilometer persegi hutan tropis Amazon habis pada Juli lalu.

Jumlah itu adalah peningkatan hingga 278 jika dibandingkan 2018. Cekungan Amazon adalah rumah bagi 40 persen hutan hujan tropis serta 15 persen spesies di Bumi.

Menteri Lingkungan Ricardo Salles mengakui adanya penggundulan hutan. Namun dia berkilah bahwa terdapat "kurangnya presisi di bagian data serta kesalahan interprestasi".

Pemerintahan Bolsonaro yang merupakan sayap kanan menuai kecaman karena membiarkan masalah lingkungan, Juli, dia berkata isu tersebut terlalu dibesar-besarkan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.