Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meriahnya Perayaan Hari Jadi ASEAN ke-52 di Ibu Kota Argentina

Kompas.com - 12/08/2019, 08:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Suasana meriah terlihat di Auditorium Belgrano yang berada di dalam Kementerian Luar Negeri dan Agama Argentina, pada Kamis pekan lalu (8/8/2019).

Sebabnya pada hari itu, digelar perayaan hari jadi ASEAN ke-52 yang diselenggarakan di ibu kota Buenos Aires, dan dihadiri oleh lima perwakilan organisasi Asia Tenggara itu.

Baca juga: Beasiswa S1 EU SHARE untuk Mahasiswa ASEAN di 42 Perguruan Tinggi

Yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Demikian keterangan yang disampaikan KBRI Buenos Aires seperti diterima Kompas.com Minggu (11/8/2019).

Wakil Menteri Luar Negeri ddan Agama Gustavo Zlauvinen menjelaskan ASEAN merupakan contoh bagi masyarakat internasional bagaimana menjaga sebuah kawasan aman dan mengedepankan dialog antar-anggota.

"Sudah selayaknya Argentina menjalin hubugan yang lebih di dalam segaal aspek dengan ASEAN," tutur Zlauvinen ketika hadir dalam perayaan tersebut.

Selain sambutan, perayaan hari jadi ASEAN juga diisi dengan penampilan budaya khas masing-masing anggota. Indonesia misalnya, menampilkan budaya Bali dengan busana dan tarian.

Penampilan itu juga diikuti oleh negara anggota lainnya. Hadirin juga berkesempatan memanjakan lidah mereka dengan sajian asli dari masing-masing negara.

Dalam acara tersebut, disuguhkan Sate Maranggi dan Nasi Kuning dari Indonesia, Pad Thai yang merupakan kuliner Thailand, hingga Es Krim Ubi Filipina.

Perayaan hari jadi ASEAN merupakan acara yang dinantikan di Argentina, khusus bagi publik di negara yang melahirkan bintang sepak bola Lionel Messi itu.

Hal itu dikarenakan negara-negara anggota ASEAN selalu menampilkan keunikan budaya masing-masing negara yang menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga: Lebih dari 5.500 Mahasiswa ASEAN Terima Beasiswa Uni Eropa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com