Kompas.com - 10/08/2019, 09:45 WIB

JALALABAD, KOMPAS.com - Di sebuah pasar yang terbuka di salah satu kota di Afghanistan timur, tampak pada pedagang yang menunggui kambing-kambing berbulu lebat.

Sementara di dekatnya, seorang pelanggan dengan cermat memilih hewan yang akan dikurbankan dalam perayaan Hari Raya Idul Adha, yang akan datang.

Itulah pemandangan yang terlihat di sebuah pasar di Jalalabad, Rabu (7/8/2019), di mana pelanggan memeriksa hewan kurban yang akan dipilih.

Dengan cermat pelanggan itu melihat ukuran serta warna bulu kambing, yang sebagian telah diwarna merah muda, sementara sebagian lainnya tampak memiliki bulu hitam lurus.

Baca juga: Seperti Apa Perayaan Idul Adha di Beberapa Negara Arab?

Hewan-hewan tersebut nantinya akan disembelih untuk merayakan Hari Raya Idul Adha, yang akan jatuh pada Minggu (11/8/2019) besok.

Akan tetapi masih ada satu pertanyaan penting yang belum terjawab menjelang perayaan hari raya kurban umat Muslim itu.

Yakni apakah mereka dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dalam damai, ataukah masih harus berhadapan dengan ancaman terjadinya peperangan, yang telah berlangsung selama empat dasawarsa.

"Kami haus akan perdamaian di Afghanistan. Setiap hari, banyak dari kami yang terbunuh. Kami merayakan Hari Raya Idul Adha dengan kabar duka," ujar Sayed Jan, salah seorang penduduk Jalalabad.

Baca juga: Ingin Beli Hewan Kurban untuk Idul Adha? Ikuti Tips-tips Ini...

Seperti banyak warga Afghanistan lainnya, Jam mengaku masih ingat dengan baik saat perayaan Idul Fitri pada tahun lalu yang berlangsung damai.

Jan ingat bagaimana gencatan senjata singkat antara pasukan Taliban dengan pemerintah Afghanistan telah membawa perdamaian, dengan pihak-pihak yang bertikai saling meletakkan senjata dan bertukar salam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.