Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Gerald Ford Gantikan Nixon sebagai Presiden AS dan Akhir Skandal Watergate...

Kompas.com - 09/08/2019, 10:22 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 45 tahun lalu, tepatnya 9 Agustus 1974, Gerald Ford, secara resmi menjabat sebagai Presiden ke-38 Amerika Serikat.

Ia menggantikan posisi Richard Nixon yang telah mengundurkan diri setelah keterlibatannya dalam skandal Watergate terbongkar.

Ford ingin mengakhiri perpecahan nasional akibat dari skandal Watergate itu.

Skandal Watergate adalah serangkaian skandal politik besar di Amerika Serikat pada tahun 1970-an.

Peristiwa ini bermula pada 17 Juni 1972 ketika lima orang, termasuk koordinator keamanan, ditangkap.

Kelima orang ini ditangkap karena berusaha membobol dan menyadap kantor pusat Komite Nasional Demokrat di Washington DC, Komplek Watergate.

Setelah peristiwa itu, dua mantan ajudan Gedung Putih lainnya terlibat dalam pembobolan itu. Akan tetapi, tuduhan ini dibantah oleh pemerintahan Nixon.

Konspirasi besar

Belakangan, wartawan The Washington Post, Carl Bernstein dan Bob Woodward menemukan adanya konspirasi besar yang melibatkan eselon tinggi pada insiden itu.

Pada Mei 1973, Komite Pemilihan Senat untuk Kampanye Kepresdidenan menyiarkan peristiwa Watergate di televisi dan mengakibatkan panasnya suhu politik saat itu.

Satu minggu berselang, profesor hukum Harvard, Archibakd Cox ditunjuk sebagai jaksa khusus Watergate untuk menangani kasus ini.

Selama sidang senat, mantan penasihat hukum Gedung putih John Dean bersaksi bahwa insiden pembobolan Watergate telah disetujui oleh mantan Jaksa Agung John Mitchell dengan sepengetahuan penasihat Gedung Putih John Ehrlichman dan HR Haldemen.

Menurutnya, Presiden Nixon juga telah mengetahui aksi tersebut.

Sementara itu, jaksa Watergate dan stafnya mulai mengungkap adanya bukti spionase politik yang dilakukan oleh tim pemenangan Nixon.

Mereka juga menemukan bukti penyadapan ilegal yang dilakukan oleh pemerintah dan sumbangan kepada Partai Republik dengan imbalan bantuan politik.

Pada Juli 1974, disebutkan dalam persidangan adanya sebuah rekaman kaset Watergate di Gedung Putih yang berisi percakapan antara Nixon dan stafnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com