Kompas.com - 06/08/2019, 23:25 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah acara TV populer di China hendak diselidiki kementerian sumber daya alam setelah menayangkan peta yang tidak memperlihatkan Taiwan serta Pulau Hainan.

Peta yang diperlihatkan selama 19 detik dan disiarkan oleh drama televisi Go Go Squid! pada Rabu pekan lalu (31.7/2019) itu menjadi viral di media sosial setempat.

Dalam pernyataan resminya dikutip SCMP, kementerian telah melayangkan keluhan terkait tidak adanya peta Taiwan dan Hainan, dan menyebut bakal menyoroti "masalah" itu.

Baca juga: 76 Anggota Keamanan Presiden Taiwan Terseret Skandal Penyelundupan Rokok

Dalam beberapa adegan dari turnamen video game itu, ditampakkan bahwa daratan utama China berwarna biru, dengan Taiwan dan Hainan tidak ada, menunjukkan bukan bagian negara itu.

Berdasarkan novel Stewed Squid with Honey, drama itu berkisah tentang hubungan antara penyanyi dan pemain profesional e-sport dan menjadi film paling laris.

Serial dengan 41 episode itu sudah ditonton lebih dari 9,6 juta kali, dan langsung menjadi sensasional di kalangan masyarakat Negeri "Panda" sejak ditayangkan Juli.

Setelah kontroversi merebak, platform seperti iQiyi dan Tencent dilaporkan mengedit peta dengan versi baru yang menunjukkan dua pulau itu sebagai bagian China.

Namun adegan dari acara itu dikabarkan sudah dipotong dari YouTube. Croton Media selaku produser menolak untuk memberikan komentar atas kejadian itu.

Kabar tayangan itu muncul di tengah eskalasi tensi antara China dengan Taiwan. Pekan lalu, Beijing melarang warga dari 47 kota utama untuk bepergian sebagai turis solo.

Kantor Hubungan Taiwan yang berada di bawah Dewan Negara China menyebut Partai Demokrasi Progresif yang menguasai Taiwan memaksakan kemerdekaan dan melakukan "tindakan bermusuhan".

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.