Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Berlian Senilai Rp 4,5 Miliar, Pria Malaysia Ditangkap di Bandara India

Kompas.com - 05/08/2019, 17:16 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang pria berkewarganegaraan Malaysia dilaporkan telah ditahan di bandara India, pada Sabtu (3/8/2019), setelah kedapatan membawa puluhan batu berlian senilai total lebih dari Rp 4,5 miliar.

Pria tersebut, yang tidak diungkapkan identitasnya, ditangkap saat tiba di Bandara Internasional Chennai di negara bagian Tamil Nadu. Dia diduga hendak menyelundupkan batu-batu berlian itu ke India.

Penangkapan pria itu bermula dari pihak Unit Intelijen Udara (AIU) India, yang menghentikan pria berusia 48 tahun itu setibanya dari Kuala Lumpur untuk dimintai keterangan.

Baca juga: Seorang Ayah Hadiahi Putrinya Berlian Langka Senilai Rp 195 Miliar

Petugas AIU juga melakukan pemeriksaan terhadap tubuh dan barang bawaan pria itu, di mana kemudian ditemukan banyak bungkusan di dalam koper dan di balik pakaian dalamnya.

Saat diperiksa terungkap bahwa isi 10 bungkusan tersebut adalah batu berlian.

Diberitakan Channel News Asia, yang melansir Bernama, otoritas India melakukan pemeriksaan setelah mendapat informasi tentang adanya upaya penyelundupan batu-batuan berharga dari Malaysia.

"Sebanyak dua paket bungkusan berwarna putih ditemukan di pakaian dalam tersangka dan delapan di dalam alat masak yang didaftarkan ke bagasi," pernyataan AIU.

Dari dalam 10 bungkusan tersebut ditemukan 55 kantong kecil yang memuat batu-batu berlian yang disembunyikan.

"Pihak kepolisian India sedang menyelidiki masalah ini," ujar Konsul Jenderal Malaysia di Chennai, Saravanan Karathihayan, kepada Bernama, Minggu (4/8/2019).

Penumpang tersebut lantas memberi tahu otoritas bea dan cukai di India bahwa dia diminta untuk menyerahkan berlian itu kepada seseorang yang telah menunggu di luar bandara.

Namun saat pria itu diminta melanjutkan perintah itu dan diawasi petugas dari kejauhan, tidak ada orang yang muncul untuk mengambil paket berlian tersebut.

Baca juga: Kanada Dikejutkan Temuan Berlian Terbesar di Amerika Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com