Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Awasi Langsung Uji Coba Rudal Balistik Korea Utara

Kompas.com - 01/08/2019, 07:24 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan memimpin langsung uji coba proyektif yang disebut sebagai rudal balistik oleh Korea Selatan (Korsel).

Berdasarkan pemberitaan media pemerintah Korut KCNA, Kim memimpin tes sistem roket berpeluncur ganda kaliber besar yang "baru dikembangkan" pada 31 Juli.

Baca juga: Kim Jong Un Awasi Peluncuran Rudal Tipe Baru Korea Utara

Dilansir AFP Kamis (1/8/2019), Korsel melalui Kantor Kepala Staf Gabungan menyatakan Korea Utara menembakkan dua rudal balistik di pesisir timur Wonsan.

"Pemimpin Kim beberapa kali menyampaikan kepuasan dan apresiasi tinggi kepada ilmu pengetahuan pertahanan dan teknisi karena berhasil menciptakan sistem roket yang indah," ulas KCNA.

Meski tidak dijelaskan seperti apa detil senjata yang diujicobakan oleh Pyongyang, KCNA menyatakan nantinya roket presisi itu bakal menjadi senjata utama pasukan darat.

Korut dilarang untuk menguji coba rudal balistik berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB. Namun uji coba Rabu merupakan yang kedua dalam rentang waktu sepekan.

Selain itu, uji coba itu terjadi setelah Kim Jong Un bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di zona demiliterisasi Panmunjom Juli lalu.

Kedua negara terlibat dalam proses diplomatik panjang mengenai upaya denuklirisasi Korut, yang menghasilkan tiga pertemuan Kim serta Trump dalam setahun terakhir.

Pyongyang sudah memperingatkan bahwa proses negosiasi itu bisa kolaps jika AS dan Korsel bersikukuh melanjutkan latihan perang yang memang diagendakan.

Baca juga: Kim Jong Un Kunjungi Proyek Pembangunan Kapal Selam Korut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com