Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Duterte Salahkan Gereja Katolik karena Lalat | Kepala Napi yang Dipenggal Dipakai Bermain Sepak Bola

Kompas.com - 01/08/2019, 06:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Insiden kerusuhan yang terjadi di penjara Brasil memunculkan insiden mengerikan di mana para pelaku diduga bermain sepak bola dengan kepala napi yang dipenggal.

Insiden itu muncul dalam video yang rilis di media sosial di tengah penjara Brasil yang kapasitasnya tidak cukup dalam menampung para tahanan.

Kemudian dari Filipina, Presiden Rodrigo Duterte melontarkan candaan soal Gereja Katolik ketika tengah berpidato, seekor lalat terbang di sekitarnya.

Dua artikel itu masuk ke dalam empat kabar populer internasional yang terjadi sepanjang Rabu (31/7/2019) hingga Kamis pagi (1/8/2019) untuk memulai awal bulan Anda.

1. Pelaku Kerusuhan Penjara Brasil Diduga Bermain Sepak Bola Pakai Kepala Napi yang Dipenggal
Kejadian mengerikan terjadi ketika pelaku kerusuhan penjara di Brasil diduga bermain sepak bola menggunakan kepala napi yang dipenggal.

Dalam video yang menyebar di media sosial, sekitar enam tahanan berkumpul di atap Penjara Altamira dalam kerusuhan yang berlangsung selama lima jam.

Terdapat 57 napi yang tewas, dengan 16 di antaranya dipenggal, dalam kerusuhan yang terjadi sekitar pukul 07.00 waktu setempat tatkala napi sarapan.

Penyebab mengapa sampai timbul pertikaian yang menewaskan puluhan napi di Penjara Altamira itu bisa Anda dapatkan penjelasannya secara lengkap di sini.

2. Berencana Liburan ke Belanda, Selebgram Rusia Ini Ditemukan Tewas dalam Koper
Seorang bintang di Instagram ( selebgram) asal Rusia dengan 85.000 pengikut dilaporkan tewas di mana jenazahnya ditemukan dalam koper.

Jenazah bintang Instagram dengan nama Ekaterina Karaglanova itu ditemukan di apartemennya di Moskwa pada Jumat pekan lalu (26/7/2019) dengan sejumlah luka.

Perempuan yang disebut baru saja lulus dari pendidikan dokter itu awalnya tengah merencanakan berlibur ke Belanda untuk merayakan ulang tahunnya.

Namun orangtuanya kemudian menjadi khawatir terhadap Karaglanova. Mengapa demikian? Penasaran? Anda bisa membaca keseluruhan peristiwa itu di sini.

3. Pidatonya Diganggu Seekor Lalat, Duterte Salahkan Gereja Katolik
Presiden Filipina Rodrigo Duterte dikenal kerap mengeluarkan pernyataan yang kontroversial, sehingga terkadang sulit membedakan apakah yang disampaikannya serius atau bercanda.

Seperti saat Duterte sedang menyampaikan pidatonya di sebuah sekolah di Manila, pada Selasa (30/7/2019), dan seekor lalat terbang di sekitar kepala presiden, hinggap di dahi dan pipinya.

Duterte pun mengibaskan tangannya dengan maksud mengusir serangga terbang itu dari wajahnya, meski upayanya seolah sia-sia.

Nah di saat berusaha mengusir lalat itulah, presiden yang terkenal dengan julukan The Punisher itu mengomentari Gereja Katolik. Seperti apa? Silakan Anda baca di sini.

4. Mahathir: Saya Tak Akan Mengingkari Janji Saya dengan Anwar Ibrahim
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menegaskan dia tidak akan mengingkari janji yakni menyerahkan kekuasaan kepada Anwar Ibrahim.

Ketegasan PM berjuluk Dr M itu sekaligus menepis desakan agar dia menjabat penuh selama lima tahun. Salah satunya datang dari Menteri Ekonomi Azmin Ali.

Mahathir menanggapinya dalam wawancara dengan salah satu media internasional terkait janji politik yang dibuatnya tahun lalu. Apa itu? Anda bisa membacanya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com