Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Festival Bawang Putih California, Satu Orang Tewas

Kompas.com - 29/07/2019, 12:30 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SACRAMENTO, KOMPAS.com — Insiden penembakan terjadi di sebuah festival makanan di California, Minggu (29/7/2019), dengan satu orang dipastikan tewas dan belasan lainnya luka-luka.

Polisi dan ambulans berlomba dengan waktu saat menerima laporan mengenai insiden penembakan di acara tahunan, Festival Bawang Putih Gilroy, di selatan San Jose.

Seorang anggota dewan kota setempat, Dion Bracco, mengatakan kepada The New York Times, dirinya mendapat kabar jika tiga orang tewas dan 12 lainnya luka-luka dalam penembakan di hari terakhir festival.

Namun, saat ini yang telah dikonfirmasi tewas oleh pihak rumah sakit adalah satu orang.

Baca juga: Penembakan Terjadi di Festival Bawang Putih California, 11 Orang Tertembak

Sementara itu, seorang tersangka pelaku telah ditahan pihak berwajib, kata Bracco, dikutip Reuters.

"Polisi tidak tahu apakah masih ada korban lain sehingga mereka harus memperlakukan kasus ini sebagai situasi penembakan aktif," kata Bracco.

"Petugas polisi didatangkan hingga dari San Jose," katanya.

Pihak rumah sakit setempat tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Namun, hasil rekaman video yang diambil dari udara menunjukkan lapangan tempat digelarnya festival telah sepi, dengan beberapa kendaraan darurat dan petugas polisi bersiaga di sekitarnya mengenakan rompi antipeluru.

Seorang saksi mata, Maximo Rocha, mengatakan bahwa dirinya melihat banyak orang yang berbaring di tanah, tetapi dia tidak dapat memastikan berapa banyak yang terluka karena tembakan.

"Saya sempat membantu beberapa korban yang terluka," ujarnya kepada NBC Bay Area, dikutip Reuters.

Baca juga: Penembakan di Sebuah Hotel di Kota Darwin, 5 Orang Tewas

Saksi lain, Shawn Viaggi, seorang penanggung jawab panggung festival, mengatakan kepada Mercury News, bahwa dirinya mendengar suara tembakan. Sebuah tembakan mengenai tanah.

"Saya berteriak, 'Itu senjata sungguhan' dan menyerukan orang-orang untuk segera keluar. Kemudian kami bersembunyi di bawah panggung," ujarnya.

Sementara Presiden Amerika Serikat Donald Trump tampaknya telah mendapat informasi mengenai insiden. "Berhati-hati dan semoga tetap aman!" tulis Trump di Twitter.

Festival Bawang Putih Gilroy yang menampilkan makanan, minuman, hiburan, serta kompetisi memasak pertama kali digelar pada 1979.

Agenda yang digelar oleh relawan itu diklaim sebagai festival makanan musim panas terbesar di dunia.

Acara festival tahun ini digelar di luar Christmas Hill Park. Menurut situs resmi festival, pengunjung dilarang membawa senjata ke dalam acara.

Belum ada pernyataan resmi dari panitia festival terkait insiden penembakan yang terjadi di kota kecil Gilroy, sekitar 48 kilometer arah selatan San Jose, itu.

Baca juga: Polisi AS Masih Cari Motif Penembakan Massal di Virginia Beach

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com