Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan Terjadi di Festival Bawang Putih California, 11 Orang Tertembak

Kompas.com - 29/07/2019, 09:55 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters

SACRAMENTO, KOMPAS - Insiden penembakan aktif dilaporkan terjadi di sebuah festival makanan di California, pada Minggu (28/7/2019), dengan sejumlah orang dilaporkan terkena tembakan.

Diberitakan bahwa insiden penembakan terjadi di tengah perayaan tahunan, Festival Bawang Putih di Gilroy, selatan San Jose.

Menurut NBC Bay Area, dikutip Reuters, kru ambulans mengatakan bahwa setidaknya ada 11 orang yang terkena tembakan dalam festival yang digelar selama tiga hari itu.

Baca juga: Ada Insiden Penembakan di Parade Juara Toronto Raptors

Video yang diunggah ke media sosial menunjukkan pengunjung festival yang berlarian dan setidaknya satu kali suara letusan yang terdengar.

"Apa yang sedang terjadi? Siapa yang menembaki festival bawang putih?" ujar seorang wanita yang dapat terdengar dalam rekaman video.

Evenny Reyes (13) mengatakan kepada San Jose Mercury News, awalnya dia mengira suara letusan yang terdengar berasal dari kembang api, sebelum dia melihat seseorang dengan kaki yang terluka.

"Kami baru saja akan pergi dan melihat seorang pria melilitkan bandana ke kakiknya yang tertembak. Juga ada anak kecil yang terluka. Orang-orang mulai melemparkan meja dan melompati pagar untuk keluar," ujarnya.

Belum ada informasi lain yang didapatkan terkait insiden penembakan tersebut, termasuk ada tidaknya korban jiwa.

Festival Bawang Putih Gilroy yang menampilkan makanan, minuman, hiburan, serta kompetisi memasak, pertama kali digelar pada 1979.

Baca juga: Penembakan di Sebuah Hotel di Kota Darwin, 5 Orang Tewas

Agenda yang digelar oleh relawan itu diklaim sebagai festival makanan musim panas terbesar di dunia.

Acara festival tahun ini digelar di luar Christmas Hill Park. Menurut situs resmi festival, pengunjung dilarang membawa senjata ke dalam acara.

Festival juga dimaksudkan memiliki suasana aman dan ramah keluarga, sehingga pengunjung dilarang mengenakan pakaian atau perlengkapan yang menunjukkan suatu keanggotaan, termasuk klub motor.

Belum ada pernyataan resmi dari panitia festival terkait insiden penembakan yang terjadi di kota kecil Gilroy, sekitar 48 kilometer arah selatan San Jose.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com