Kompas.com - 28/07/2019, 18:31 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Israel mengklaim sistem anti-rudal balistik yang dikembangkan bersama dengan Amerika Serikat, telah berhasil melalui serangkaian uji coba.

Disampaikan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Minggu (28/7/2019), sistem perisai rudal balistik bernama Arrow-3 telah berhasil melakukan tes pencegatan dalam uji coba di Alaska.

Diproduksi bersama-sama dengan perusahaan AS, Boeing, sistem anti-rudal balistik Arrow-3 disebut mampu menembak jatuh rudal yang masuk ke ruang angkasa di ketinggian yang memungkinkan untuk menghancurkan hulu ledak non-konvensional dengan aman.

Sistem anti-rudal tersebut telah lulus dalam uji intersepsi penuh pertamanya di Laut Mediterania pada 2015 dan mulai dikerahkan di Israel pada 2017.

Baca juga: Israel Ungkap Iran Berusaha Rekrut Agen Rahasia dari Palestina

"Performanya sungguh sempurna, semuanya tepat sasaran," kata Netanyahu, yang sekaligus bertindak sebagai menteri pertahanan, dalam pernyataan yang mengumumkan tiga tes rahasia yang telah dilakukan.

Israel menyebut sistem Arrow-3 tersebut sebagai benteng pertahanan dalam menghadapi rudal balistik yang dikirimkan oleh musuh-musuhnya, yakni Iran dan Suriah.

Pengumuman oleh Israel tersebut datang menyusul kabar uji coba rudal balistik jarak menengah yang dilakukan Iran.

Dilaporkan Washington bahwa Teheran telah melakukan uji coba rudal balistik yang mampu mencapai jarak 1.000 kilometer, sebagai upaya meningkatkan pertahanan.

"Hari ini, Israel memiliki kemampuan untuk bertindak terhadap rudal balistik yang diarahkan kepada kami dari Iran maupun tempat lain," kata Netanyahu.

"Semua musuh kami harus tahu bahwa kami kini bisa mengalahkan mereka, baik secara defensif maupun ofensif," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.