Kompas.com - 26/07/2019, 17:28 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Ratusan pengunjuk rasa berkumpul di Bandara Internasional Hong Kong, Jumat (26/7/2019), dengan membawa plakat, poster, dan selebaran menentang RUU ekstradisi yang telah ditangguhkan.

Massa demonstran berkerumun di aula kedatangan bandara demi menarik perhatian pengunjung internasional atas situasi yang terjadi di kota semi-otonom itu.

Sesekali para pengunjuk rasa meneriakkan yel-yel seperti "Bebaskan Hong Kong", yang berhema di dalam bangunan bandara.

Massa aksi juga menyerukan agar dilakukannya penyelidikan atas respons lambat dari aparat kepolisian saat terjadinya insiden penyerangan oleh sekelompok pria berkaus putih dan bersenjatakan tongkat terhadap pengunjuk rasa di stasiun MRT di Yuen Long, Minggu (21/7/2019) lalu.

Baca juga: Situasi Memanas, Singapura Peringatkan Warganya di Hong Kong Jauhi Bandara

Setidaknya 45 orang terluka dan dilaporkan harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis.

"Dunia telah memperhatikan kami dalam beberapa minggu terakhir," ujar Jeremy Tam, seorang mantan pilot dan anggota parlemen yang membantu terlaksananya aksi protes dengan karyawan sektor penerbangan lainnya.

"Kami hanya percaya bahwa bandara adalah cara paling langsung bagi semua wisatawan untuk menjelaskan apa yang terjadi di Hong Kong," tambahnya.

Pihak kepolisian Hong Kong akhirnya memberikan persetujuan untuk dilakukannya aksi di bandara, namun menegaskan melarang rencana aksi protes lainnya yang direncanakan di Yuen Long, pada Minggu (28/7/2019) mendatang.

Para peserta aksi demonstran menggunakan cara mereka masing-masing untuk menarik perhatian pengunjung bandara dan turis yang baru mendarat.

Mereka juga mengumpulkan tanda tangan untuk petisi yang mendesak pemerintah Hong Kong agar menuntut para pelaku kekerasan dan penyerangan terhadap para pengunjuk rasa.

Baca juga: Situasi Hong Kong Memanas, Polisi Larang Aksi Protes Menentang Triad

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.