Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Panas di Belanda, Belgia, dan Jerman Lewati 40 Derajat Celsius

Kompas.com - 25/07/2019, 21:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BRUSSELS, KOMPAS.com - Gelombang suhu panas yang melanda Eropa membuat tiga negara Belanda, Belgia, dan Jerman mencatat temperatur melewati 40 derajat Celsius.

Badan Ramalan Cuaca Jerman mengonfirmasi temperatur 41,5 derajat Celsius tercatat di Lingen, Jerman Barat, sebagaimana diberitakan AFP Kamis (25/7/2019).

Baca juga: Belanda dan Belgia Catat Rekor Suhu Panas Tertinggi dalam Sejarah

Catatan itu menggeser suhu panas sebelumnya yang terekam di Geilenkirchen, dekat Moenchengladbach, sebesar 40,5 derajat Celsius pada Rabu (24/7/2019).

Kemudian di Belanda, institut meteorologi setempat menyatakan mereka mencatat suhu panas tertinggi di Deelen, kota kawasan timur dengan angka 41,7 derajat Celsius.

Menurut Institut Meteorologi Belanda, sehari sebelumnya mereka sudah mencatatkan temperatur 38,8 derajat Celsius yang mengalahkan rekor sebelumnya 1944 silam.

Adapun di Belgia, Kepala Prakiraan Cuaca Intitut Meteorologi Kerajaan David Dehenauw mengonfirmasi angka 40,6 derajat Celsius melalui kicauan di Twitter.

Temperatur itu terekam di pangkalan militer Kleine-Brogel, sekitar 100 kilometer di timur laut ibu kota Brussels, dan dekat dengan perbatasan Belanda.

"Rekor nasional Belgia terbaru: 40,6 derajat Celsius di Kleine-Brogel dan angka ini masih belum selesai. Benar-benar luar biasa!" kata Dehenauw.

Suhu panas di Belgia terus meningkat dalam dua hari terakhir setelah sebelumnya di Liege Rabu waktu setempat, angka yang dicatat adalah 40,2 derajat Celsius.

Kali terakhir negara yang terkenal akan cokelatnya itu mengalami panas luar biasa terjadi pada 27 Juni 1947, di mana suhu awalnya tercatat 38,8 derajat Celsius Uccle.

Namun, angka tersebut dikoreksi menjadi 36,6 derajat Celsius pada 1980 setelah Belgia membeli alat pengukur suhu yang jauh lebih canggih serta akurat.

Baca juga: Terjebak di Kontainer Saat Suhu Panas, 2 Bandar Narkoba Belgia Lapor Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com