Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Museum Militer Bawah Laut, Yordania Tenggelamkan Tank hingga Helikopter

Kompas.com - 25/07/2019, 21:02 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters,AFP

AMMAN, KOMPAS.com - Pemerintah Yordania menenggelamkan tank, kendaraan pengangkut pasukan, hingga sebuah helikopter ke lepas pantai Laut Merah untuk museum militer bawah laut.

Sebanyak 19 kendaraan militer yang telah dinonaktifkan, ditenggelamkan dan ditempatkan di dasar laut pada kedalaman hingga 28 meter.

Diharapkan keberadaan museum militer bawah laut itu dapat menarik semakin banyak wisatawan ke resor penyelaman di Aqaba yang telah dikenal.

Peresmian musem militer bawah laut itu dilangsungkan kerajaan pada Rabu (24/7/2019).

Baca juga: 539 Kapal Ditenggelamkan, Mayoritas dari Vietnam

"Pengunjung Situs Penyelaman Museum Militer Bawah Air tersebut nantinya akan dapat melihat tank, ambulans, derek militer, kendaraan pengangkut pasukan, peluncur roket anti-pesawat, beragam senjata, hingga helikopter tempur," kata Otoritas Zona Ekonomi Khusus Aqaba (ASEZA).

"Perlengkapan dan kendaraan militer itu ditenggelamkan dan ditempatkan di sepanjang terumbu karang yang meniru formasi taktis pertempuran," lanjut ASEZA dalam sebuah pernyataan, yang dikutip AFP.

Sejumlah tank tempur milik militer Yordania yang ditenggelamkan untuk museum bawah laut di Laut Merah.REUTERS / AQABA SPECIAL ECONOMIC ZONE AUTHORITY Sejumlah tank tempur milik militer Yordania yang ditenggelamkan untuk museum bawah laut di Laut Merah.
Pengunjung museum yang tak biasa ini bakal mendapatkan pengalaman baru yang menggabungkan olahraga, lingkungan, dan pameran bagi para penyelam, perenang snorkel, dan pengunjung di atas kapal berlantai kaca.

Acara peresmian ditandai dengan seremoni yang diiringi musik dari band Angkatan Bersenjata Yordania dan kelompok rakyat setempat.

Helikopter tempur milik militer Yordania yang ditenggelamkan untuk museum bawah laut di Laut Merah.REUTERS / AQABA SPECIAL ECONOMIC ZONE AUTHORITY Helikopter tempur milik militer Yordania yang ditenggelamkan untuk museum bawah laut di Laut Merah.
Laut Merah utara cukup populer di kalangan penyelam yang tertarik dengan terumbu karang, yang terbilang masih dalam kondisi relatif baik meski terjadi penipisan akibat pemanasan global.

ASEZA mengatakan, sebelum ditenggelamkan, seluruh kendaraan tersebut telah dibersihkan dari "bahan berbahaya" demi melindungi ekosistem laut.

Selain menjadi tontonan bagi pengunjung, museum bawah laut itu memungkinkan terciptanya terumbu buatan dan memulihkan terumbu alami dengan menarik pengunjung ke situs alternatif.

Baca juga: Kelompok Aktivis Lingkungan Lebanon Tenggelamkan 10 Tank ke Laut Mediterania

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com