Kompas.com - 25/07/2019, 17:59 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara kembali menjadi pemberitaan dalam beberapa hari terakhir.

Setelah memamerkan proyek kapal selam terbarunya pada Selasa (23/7/2019) lalu, kali ini Korea Utara dilaporkan telah kembali meluncurkan rudalnya.

Pada Kamis (25/7/2019) pagi sebelum fajar, Korea Utara disebut telah menembakkan dua rudal jarak dekatnya dari kota pesisir Wonsan, di pantai timur.

Rudal pertama ditembakkan pada pukul 05.34 dan menempuh jarak sejauh 430 kilometer, sementara rudal kedua yang diluncurkan sekitar pukul 05.57 pagi mencapai jarak 690 kilometer sebelum akhirnya jatuh ke Laut Timur.

Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS), satu dari dua rudal yang ditembakkan Korea Utara merupakan rudal tipe terbaru yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Baca juga: Korea Utara Tembakkan Rudal Tipe Baru yang Belum Pernah Terlihat

"Rudal kedua, dengan jarak yang lebih jauh tampaknya merupakan desain baru. Tetapi analisis terperinci masih dilakukan untuk memverifikasi hal itu," lanjut pejabat dari JCS.

Dua hari sebelumnya, Selasa (23/7/2019), kantor berita Korea Utara, KCNA, mengabarkan tentang Pemimpin Korut, Kim Jong Un yang berkunjung ke lokasi proyek pembangunan kapal selam terbaru.

Diberitakan bahwa Kim Jong Un melakukan inspeksi dan memeriksa data operasional dan taktis serta sistem persenjataan dari kapal selam baru itu.

Disebutkan juga bahwa proyek pembangunan kapal selam itu merupakan salah satu yang menjadi perhatian khusus Kim Jong Un dan dijadwalkan beroperasi di perairan lepas pantai timur Korea Utara "dalam waktu dekat".

Laporan KCNA tidak menjelaskan jenis sistem senjata yang dimiliki kapal selam, juga tidak merinci kapan dan di mana tepatnya inspeksi tersebut dilakukan.

Halaman:
Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.