Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Tantang AS Temukan "Drone" yang Dijatuhkan dari Dasar Laut sebagai Bukti

Kompas.com - 25/07/2019, 09:17 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Perseteruan seputar klaim Amerika Serikat yang mengaku telah menjatuhkan drone milik Iran masih berlanjut.

Pasukan Garda Revolusi Iran, pada Rabu (24/7/2019), kembali membantah telah kehilangan perangkat pesawat nirawaknya seperti yang diucapkan Presiden AS Donald Trump.

Iran pun menantang AS untuk memberi bukti dengan cara mengangkat bangkai drone yang telah dijatuhkan dari dasar laut.

"Saya secara resmi menyatakan bahwa tidak ada pesawat nirawak kami yang jatuh," ujar Komandan Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Hossein Salami, seperti dikutip dari situs resmi mereka.

"Tetapi jika musuh kami memiliki klaim telah menjatuhkan drone Iran, mereka harus menunjukkan bukti mereka," lanjut pernyataan Salami.

Baca juga: AS Punya Bukti Kuat Tembak Jatuh Drone Iran

Pada Selasa (23/7/2019), komandan pasukan Amerika di wilayah Teluk mengatakan bahwa kapal perang AS, USS Boxer, kemungkinan telah menjatuhkan dua pesawat nirawak Iran pekan lalu.

"Kami yakin telah menjatuhkan satu drone, tapi kami mungkin telah menjatuhkan satu drone lainnya," kata kepala Komando Sentral AS (CENTCOM), Jenderal Kenneth McKenzie, kepada CBS.

Jaringan televisi AS mengatakan, drone milik Iran itu dijatuhkan menggunakan sinyal atau gelombang elektronik yang menonaktifkan fungsi kendali penerbangan dari pesawat nirawak tersebut.

Seorang juru bicara CENTCOM kemudian mengatakan bahwa kapal perang USS Boxer telah melakukan tindakan defensif atau bertahan, usai mendapat interaksi agresif dari dua drone Iran di perairan internasional.

"Kami mengamati satu drone jatuh ke air tetapi tidak melihat percikan dari drone lainnya," kata juru bicara CENTCOM, Letnan Kolonel Earl Brown.

Baca juga: Bantah Klaim Trump, Iran Rilis Foto dari Drone Mereka

Iran, yang bulan lalu telah menembak jatuh drone pengintai AS, Global Hawk, berulang kali membantah telah kehilangan salah satu atau lebih perangkat pesawat nirawaknya.

Menanggapi reaksi bantahan dari Iran, Trump yang bersikeras kapal perangnya telah menembak jatuh drone milik Garda Revolusi Iran mengatakan buktinya telah terbaring di dasar laut.

"Anda bisa melihatnya berbaring di dasar hamparan air yang indah itu," kata Trump dalam sebuah sambutan yang diunggah ke situs Gedung Putih, Selasa (23/7/2019).

Tanggapan Trump kembali dibalas oleh Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Amir Hatami, dengan mengatakan bahwa mereka telah memajang puing-puing drone AS yang ditembak jatuh.

"Jika ada yang mengklaim bahwa mereka telah menjatuhkan salah satu drone kami, mereka harus menunjukkan (puing-puingnya)," kata Hatami, menurut kantor berita, ISNA.

Baca juga: Iran: AS Kaget Kami Bisa Tembak Drone Mereka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com