Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanda dan Belgia Catat Rekor Suhu Panas Tertinggi dalam Sejarah

Kompas.com - 24/07/2019, 21:13 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BRUSSELS, KOMPAS.com - Belanda dan Belgia dilaporkan sama-sama mencatat rekor suhu panas tertinggi sepanjang sejarah menurut badan meteorologi dua negara itu.

David Dehenauw, Kepala Peramal Cuaca Institut Meteorologi Kerajaan Belgia (IRM) berkata, rekor tertinggi mereka tercatat 38,9 derajat Celsius.

Baca juga: Suhu Panas Landa AS, Polisi Minta Penjahat Berlibur di Akhir Pekan

Suhu panas itu tercatat di Pangkalan Militer Kleine-Brogel, sekitar 100 kilometer sebelah timur laut ibu kota Brussels, dan dekat dengan perbatasan Belanda.

Dilaporkan AFP Rabu (24/7/2019), dalam kicauannya, Dehenauw menjelaskan kali terakhir negara penghasil cokelat itu mengalami panas adalah 27 Juni 1947.

Diberitakan The Independent, saat itu suhu panas tercatat di Uccle dan mencapai 38,8 derajat Celsius. Namun, angka itu turun menjadi 36,6 derajat Celsius.

Koreksi itu terjadi setelah Belgia memasang alat pengukur suhu yang jauh lebih canggih serta akurat di institut pengamatan Uccle pada 1980 silam.

Sementara dari Institut Meteorologi Belanda, peneliti menyatakan rekor terpanas mereka dicatat di Gilze-Rijen yang berlokasi di kawasan selatan.

Angka yang terpampang adalah 38,8 derajat Celsius, dan mengalahkan rekor suhu panas berusia 75 tahun yang terjadi pada 1944 silam.

Baca juga: BMKG: Suhu Panas Timur Tengah Tidak Berimbas di Wilayah Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com