Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un "Mencoblos" di Pemilu Korut dengan Jumlah Pemilih 99,98 Persen

Kompas.com - 22/07/2019, 15:08 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan ikut "mencoblos" pemilihan umum (pemilu) serentak yang dilaksanakan dengan jumlah pemilih mencapai 99,98 persen.

Mengingat tidak adanya persaingan di antara kandidat, pengamat menyebut pemilu di Korut hanyalah ritual politik di mana otoritas berusaha mengonsolidasikan kesetiaan kepada Kim.

Baca juga: Pemilu Korut, Kim Jong Un Menang 100 Persen

Diwartakan AFP Senin (22/7/2019), 99,98 persen jumlah pemilih pada tahun ini merupakan kenaikan sebesar 0,01 persen dari angka yang tercatat pada 2015.

"Hanya warga yang tengah bekerja atau berlibur di luar negeri saja yang tidak bisa memberikan suaranya pada hari ini," demikian laporan KCNA Minggu (21/7/2019).

Media resmi pemerintah Korut itu memberitakan selain pemilih di luar negeri, warga yang sakit maupun usia lanjut tetap datang dan memberikan suara mereka.

Negara yang tengah mendapat sanksi dunia itu menggelar pemilu lokal serentak untuk memilih pejabat dari tingkat kota hingga provinsi empat tahun sekali.

Biasanya, pemilihan itu bakal diikuti oleh 99 persen masyarakat untuk memilih calon Partai Buruh, dan 99 persen juga bakal memberi tanda "Ya" di kertas suara.

Pemerintah Korut menyatakan tingginya angka partisipasi merupakan contoh dari "persatuan pemikiran" dan cerminan "sosialisme rakyat terpusat ala Korea".

Kim dilaporkan mencoblos di pos pemilu di Provinsi Hamgyong Utara dan memilih dua kandidat, Ju Song Ho dan Jong Song Sik, untuk menjadi perwakilan partai.

"Dengan hangat, Pemimpin Kim menyemangati mereka untuk menjadi abdi rakyat dan memenuhi tugas mereka sesuai dengan harapan warga," demikian keterangan KCNA.

Adapun Kim juga pernah terjun dalam pemilu bernama Dewan Rakyat Tertinggi di mana dia mendapatkan suara sempurna atau 100 persen pada 2014 silam.

Baca juga: Kim Jong Un Bertarung dalam Pemilu Korea Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com