Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan di Portugal, 1.700 Petugas Pemadam Dikerahkan

Kompas.com - 22/07/2019, 09:44 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

CASTELO BRANCO, KOMPAS.com - Kebakaran melanda hutan di wilayah pegunungan di Portugal, memaksa otoritas setempat mengerahkan hampir 2.000 petugas pemadam dan ratusan kendaraan, termasuk helikopter.

Sekitar 1.700 petugas pemadam kebakaran dan 400 kendaraan telah dikerahkan dalam salah satu mobilisasi terbesar yang pernah dilakukan di Portugal, untuk memadamkan api di hutan di wilayah Castelo Branco, sekitar 200 kilometer utara Lisbon.

Sekitar 20 orang mengalami luka akibat kebakaran hutan yang terjadi di lima titik berbeda itu, termasuk delapan dari petugas pemadam dan sisanya warga sipil, menurut laporan dari Kementerian Dalam Negeri Portual.

Baca juga: Kebakaran Studio Animasi di Jepang, Diduga Disengaja

Seorang korban dengan luka bakar parah telah diterbangkan menggunakan helikopter menuju rumah sakit di Lisbon.

Kebakaran kali ini melanda wilayah pegunungan yang sama dengan insiden serupa pada 2017, yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Upaya pemadaman terbesar dikerahkan di wilayah Vila de Rei, dengan 800 petugas pemadam, 245 kendaraan, dan 13 pesawat serta helikopter berjuang mengendalikan api.

"Api saat ini masih 'tetap aktif'," kata Menteri Dalam Negeri Portugal, Eduardo Cabrita, kepada wartawan, seperti dikutip AFP, Minggu (21/7/2019).

Sementara itu, pihak kepolisian mengaku telah menahan seorang pria berusia 55 tahun di Castelo Branco, yang diduga berkaitan dengan insiden kebakaran hutan yang kemungkinan disengaja, meski jauh dari titik kebakaran utama.

"Pihak berwenang sedang menyelidiki apakah kebakaran terjadi karena kesengajaan," ujar Cabrita.

"Penyebab kebakaran sedang diselidiki, karena ada sesuatu yang dirasa aneh. Bagaimana mungkin lima kebakaran besar terjadi di daerah yang saling berdekatan satu sama lain?" tambahnya.

Baca juga: Kabut Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Selimuti Pekanbaru

Disampaikan kepala perlindungan sipil setempat, Luis Belo Costa, sulitnya medan turut menghambat petugas dalam memadamkan api di Vila de Rei, ditambah dengan angin yang berhembus.

Militer mengatakan akan mengirim 20 tentara beserta perlengkapan mesin untuk membuka rute dan membantu akses bagi para pemadam kebakaran.

Sementara penduduk di sejumlah desa kecil telah dievakuasi sebagai tindakan pencegahan.

"Belum ada tindakan tambahan yang dilakukan, tetapi itu bisa berubah jika situasinya memburuk," ujar Belo Costa.

Lima wilayah di Portugal tengah dan selatan berada dalam kondisi siaga penuh kebakaran pada Minggu (21/7/2019), menyusul cuaca kering dan angin yang berhembus.

Kebakaran di lima titik terjadi pada Sabtu (20/7/2019) petang di kawasan yang sulit dijangkau di wilayah Castelo Branco.

Wilayah tengah Portugal yang berbukit dan tertutup hutan lebat kerap hancur akibat kebakaran, termasuk yang paling mematikan dalam sejarah negara itu, di mana 114 orang tewas akibat dua kebakaran hutan yang terpisah pada Juni dan Oktober 2017.

Baca juga: Demi Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Diminta Evaluasi Izin Konsesi Lahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com