Kompas.com - 20/07/2019, 19:06 WIB

VENESIA, KOMPAS.com - Polisi di Venesia menjatuhkan denda kepada dua orang turis asal Jerman setelah mereka kedapatan membuat kopi di tepi Jembatan Rialto.

Dua pelancong yang masing-masing berusia 32 dan 35 tahun itu didenda 950 euro, atau Rp 14,8 juta. Selain itu, mereka dilaporkan juga diusir dari Venesia.

Baca juga: Saat Izin Berobat, Idrus Marham Sempat Nongkrong 3 Jam di Kedai Kopi

Venesia memperkenalkan serangkaian pelanggaran ketertiban umum. Termasuk di antaranya piknik di tempat tertentu atau mengenakan kaus di ruang publik.

Seperti diberitakan BBC Sabtu (20/7/2019), terdapat 30 juta orang dari seluruh dunia yang berkunjung ke kota di kawasan utara Italia itu setiap tahunnya.

Turis yang disebut dari Berlin itu dilaporkan ke polisi oleh salah seorang pengguna jalan. Mereka membuat kopi di salah satu dari empat jembatan tertua di Kanal Besar.

Wali Kota Luigi Brugnaro menyatakan, Venesia harus mendapat penghormatan dengan setiap orang yang hendak berkunjung dan berlibur harus tahu dan mematuhinya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada kepolisian setempat yang bergerak cepat. Mereka bakal segera dihukum dan dipindahkan," tutur Brugnaro kembali.

Dia menerangkan siapa pun wisatawan yang ketahuan melanggar peraturan bakal ditindak, dan identitas mereka bakal diberitahukan kepada kedutaan besar negara asal.

Sejak dulu, masyarakat Venesia sudah mengeluhkan begitu banyaknya pelancong yang mengunjungi kota yang terkenal dengan wisata kanalnya tersebut.

Pada Desember tahun lalu, Venesia merilis aturan mematok biaya masuk hingga 10 euro, sekitar Rp 156.487, bagi setiap turis yang hendak tinggal sementara.

Baca juga: Kapal Pesiar Hilang Kendali dan Tabrak Dermaga di Venesia, Turis Berlarian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.