Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantah Klaim Trump, Iran Rilis Foto dari Drone Mereka

Kompas.com - 20/07/2019, 12:07 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran merilis gambar dari drone sebagai bantahan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim kapal perang menghancurkannya di Selat Hormuz.

Pada Kamis (18/7/2019), Trump menyebut kapal perusak USS Boxer terpaksa mengambil "langkah defensif" setelah drone Iran berulang kali mengabaikan peringatan mereka.

Baca juga: Trump: Kapal Perang AS Hancurkan Drone Iran di Selat Hormuz

"USS Boxer melakukan tindakan pertahanan terhadap drone itu setelah tidak mengindahkan peringatan kami, dan mendekat hingga jarak 1.000 yards (914 meter)," ulas Trump.

Namun dilansir Sky News Jumat (19/7/2019), televisi Iran menayangkan video yang disebut diambil dari drone dan memperlihatkan USS Boxer maupun kapal perang AS lainnya.

Rilis itu terjadi setelah pasukan Garda Revolusi Iran menyatakan telah menahan dua kapal tanker Inggris karena disebut "melanggar peraturan maritim internasional".

Berdasarkan keterangan Garda Revolusi, pesawat nirawak itu merekam selama tiga jam USS Boxer dan lima kapal perang lainnya, dimulai ketika mereka melintasi Selat Hormuz.

Pada akhir Juni, Teheran mengklaim menenggelamkan pesawat nirawak AS di perairan sama, di mana Trump sempat memerintahkan adanya serangan udara sebagai balasan.

Militer Iran kemudian menjelaskan seluruh drone mereka sudah kembali dengan selamat ke pangkalan mereka dan membantah telah dihancurkan oleh AS.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Aragchi menuturkan di Twitter bahwa mereka tidak kehilangan satu pun drone baik di Selat Hormuz maupun kawasan lainnya.

Garda Revolusi mengatakan drone itu tengah melakukan misi pengintaian rutin ketika armada kapal perang AS datang dan langsung mengirimkan fotonya.

Dalam pernyataannya, Garda Revolusi menegaskan mereka bakal memantau segala pergerakan "pasukan teroris" seperti AS maupun Inggris di kawasan strategis Hormuz.

Sebagai respons, Washington melalui pejabat anonim berkoar mereka bakal menghancurkan setiap drone Iran yang kedapatan mendekati kapal mereka.

"Jika mereka terbang terlalu dekat dengan kapal kami, mereka akan dihancurkan," ujar si pejabat yang menambahkan, bukti itu bakal dirilis oleh Pentagon.

Baca juga: AS Klaim Tembak Jatuh Drone Iran, Teheran: Trump Berkhayal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com