Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembong Narkotika Meksiko "El Chapo" Mulai Dikurung di Penjara Federal ADX

Kompas.com - 20/07/2019, 11:25 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

FLORENCE, KOMPAS.com - Gembong narkotika Meksko, Joaquin "El Chapo" Guzman dipastikan telah mulai dikurung di penjara federal dengan keamanan maksimum, ADX, setelah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

"Kami dapat mengonfirmasikan bahwa Guzman telah berada dalam penahanan Biro Penjara Federal, di situs Administratif Maksimum (ADX) di Florence, Kansas tengah," tulis email singkat dari biro penjara, dikutip AFP, Sabtu (20/7/2019).

Guzman (62), mantan salah satu pemimpin kartel narkoba paling ditakuti di Meksiko, Sinaloa, telah dinyatakan bersalah atas kasus penyelundupan ratusan narkotika terlarang ke Amerika Serikat pada Februari lalu.

Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh pengadilan New York pada Rabu (17/7/2019) dan dikirim ke penjara federal dengan pengamanan maksimum yang dijuluki "Alcatraz of the Rockies".

Baca juga: Gembong Narkoba Meksiko El Chapo Dijatuhi Penjara Seumur Hidup

Guzman, yang sempat berhasil melarikan diri dari penjara Meksiko pada 2001 dan 2015, akan berada di penjara tersebut bersama terpidana "Unabomber" Ted Kaczynski, pengebom kota Oklahoma Terry Nichols, dan pelaku pembom maraton Boston yang sedang menunggu eksekusi, Dzhokhar Tsarnaev.

Penjara federal keamanan maksimum ADX dibangun pada 1994 dan berlokasi di wilayah gurun terpencil di bagian barat AS, menjadikan para tahanan hampir tidak mungkin untuk melarikan diri.

Para tahanan yang paling berbahaya itu hanya diizinkan keluar dari dalam sel tahanan berdinding beton dan teralis baja yang kecil selama 90 menit dalam sehari, dan tetap harus mengenakan belenggu di tangan dan kaki mereka.

Guzman diekstradisi dari Meksiko ke AS pada Januari 2017 dan ditahan di sel isolasi di Metropolitan Correctional Center (MCC), dalam sel tanpa jendela yang terus menyala di New York.

"Dibandingkan dengan itu, penjara ADX akan seperti berjalan-jalan di taman untuknya," kata pengacara Guzman, Jeffrey Lichtman, kepada wartawan, Rabu (17/7/2019).

"Guzman menggambarkan masa 30 bulan di penjara MCC kepada Hakim Federal AS Brian Cogan, sebagai penyiksaan emosional, psikologis, dan mental sepanjang waktu," tambahnya.

Cogan mengabulkan permintaan Lichtman untuk membiarkan mantan penguasa narkoba Meksiko itu tinggal di MCC hingga 60 hari sementara kasusnya diajukan banding.

Namun pejabat penjara federal memilih untuk segera memindahkannya ke penjara Colorado.

"Kemampuan Guzman untuk membela diri tidak pernah menjadi perhatian bagi pemerintah," kata Lichtman dalam emailnya kepada AFP.

Baca juga: Melongok Penjara ADX Florence, Tempat El Chapo Menjalani Hukuman

Selama persidangan yang berlangsung tiga bulan di pengadilan New York, para juri mendengar keterangan dari 56 saksi pemerintah, dengan banyak di antaranya menggambarkan dengan detail bagaimana El Chapo menyiksa dan membunuh musuh-musuhnya.

Jaksa penuntut memenangkan permohonan untuk melampirkan hukuman penjara 30 tahun secara simbolis kepada Guzman, atas penggunaan senjata api dalam bisnisnya.

Hakim Cogan mengatakan, dia menjatuhkan hukuman tambahan kepada El Chapo karena menilai kejahatan yang dilakukan terdakwa luar biasa parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com