Kompas.com - 18/07/2019, 22:32 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Hubungan antara Anwar Ibrahim dan Azmin Ali dalam perebutan posisi suksesor perdana menteri Malaysia kian panas, hingga memicu konflik internal di Partai Keadilan Rakyat (PKR).

Sebanyak 27 petinggi teras PKR, termasuk empat anggota parlemen menyampaikan pernyataan bersama tertulis, Kamis (18/7/2019).

Dalam pernyataan bersama itu, mereka mengkritik pernyataan Anwar selaku Presiden PKR yang meminta Azmin mengundurkan diri jika dia terbukti terlibat dalam kasus video seks gay yang beredar.

"Anwar seharusnya fokus kepada fakta bahwa ada upaya kotor untuk menjatuhkan pimpinan partai, dalam hal ini Azmin yang menjabat sebagai Deputi Presiden PKR," bunyi pernyataan itu seperti dikutip The Star Malaysia.

Baca juga: Antara Anwar Ibrahim atau Azmin Ali, Mahathir Pilih Siapa?

Para penanda tangan pernyataan menilai Anwar seharusnya membantu Azmin dalam menghadapi skandal, dan bukan justru memperkeruh keadaan.

Anwar diminta untuk mengingat sosok Azmin yang setia membelanya selama 20 tahun ketika mantan wakil perdana menteri Malaysia itu dua kali dipenjara akibat tuduhan sodomi.

Hubungan antara Anwar dan Azmin yang dikenal dekat mulai renggang setelah muncul kabar bahwa Perdana Menteri Mahathir Mohamad lebih menginginkan Azmin sebagai penggantinya.

Azmin Ali, yang terjun ke dunia politik atas saran dari Mahathir dan sempat menjadi sekretaris pribadi Anwar.

Dia memiliki hubungan dekat, baik dengan Mahathir maupun Anwar, bahkan pernah menjadi salah satu tangan kanan kepercayaan Anwar.

Anwar yang sesuai kesepakatan Koalisi Pakatan Harapan akan menggantikan Mahathir telah membantah keterlibatan dirinya maupun loyalisnya dalam kasus penyebaran video seks yang mencatut nama Azmin.

Baca juga: Mahathir: Saya Tak Akan Menjabat Jadi PM Malaysia Lebih dari 3 Tahun

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.