Kompas.com - 16/07/2019, 22:48 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump membantah tuduhan telah bersikap rasis, setelah twitnya yang dianggap menyerang sejumlah perempuan anggota Kongres dari etnis minoritas.

Trump, pada Selasa (16/7/2019), menyebut dirinya tidak xenophobia dan twitnya bukan hal yang rasial.

"Twit itu bukan rasis. Saya tidak punya tulang rasis dalam tubuh saya," tulis Trump dalam twitnya, saat anggota parlemen AS bersiap memberi suara untuk resolusi yang mengecam komentar rasialnya di media sosial.

Dalam serangkaian twitnya pada akhir pekan lalu, Trump disebut telah secara tak langsung menyerang empat perempuan anggota parlemen AS, yang berasal dari komunitas Hispanik, Arab, Somalia, dan Afro-Amerika.

Baca juga: Trump Tidak Peduli Jika Dirinya Dianggap Rasial

Trump, dalam satu twitnya, mengkritik anggota Kongres yang seolah mengatur pemerintahan dan mendesak mereka untuk "kembali" ke negara asal mereka.

Para pemimpin Partai Demokrat telah secara bulat mengecam komentar Trump dan mendukung keempat anggota parlemen yang dikritik presiden, yakni Alexandria Ocasio-Cortez, Rashida Tlaib, Ilhan Omar, dan Ayanna Pressley, yang selain Omar merupakan kelahiran AS.

Menanggapi pemungutan suara yang dilakukan Demokrat, Trump menyebut voting itu sebagai permainan tipuan dan mendesak kepada rekan-rekannya di Partai Republik, untuk tidak menunjukkan kelemahan dan jatuh ke dalam "perangkap".

"Ini seharusnya menjadi pemungutan suara untuk kata-kata kasar, pernyataan dan kebohongan yang disampaikan para perempuan Demokrat, yang saya yakini, berdasar tindakan mereka, telah membenci negara kita," tulis Trump.

"Buat daftar hal-hal mengerikan yang pernah mereka katakan."

Baca juga: Trump Minta Anggota Kongres AS Perempuan untuk Kembali ke Negara Asal

"Nancy Pelosi berusaha mengusir mereka, namun kini mereka selamanya akan terikat dengan Partai Demokrat," tambah Trump," dikutip AFP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.