Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos dari Keamanan, Bocah 12 Tahun di Inggris Nyaris Terbang ke Los Angeles

Kompas.com - 16/07/2019, 18:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

LONDON, KOMPAS.com - Seorang bocah 12 tahun dilaporkan menjadi penyebab keterlambatan penerbangan maskapai British Airways dari Inggris menuju Amerika Serikat (AS).

Polisi di Bandara Heathrow, London, berusaha mencari tahu bagaimana bocah itu bisa berada di penerbangan BA269 menuju ke Los Angeles pada Minggu malam (14/7/2019).

Baca juga: Berlari Bugil di Hotel Singapura, 3 Awak Kabin British Airways Dihukum

Diwartakan Newsweek Senin (15/7/2019), sebelum lepas landas kru kabin melihat si bocah yang datang tanpa pengawasan orang dewasa. Jadi kru kabin pun meminta tiketnya.

Menyadari si bocah tidak bisa menunjukkan tiket, polisi bandara dan anjing pelacak pun dikerahkan ke dalam pesawat, dengan penumpang lain diminta untuk pemeriksaan ulang.

Salah satu penumpang yang bernama Rachel Richardson mengatakan terdapat penundaan selama beberapa jam sebelum pesawat akhirnya benar-benar lepas landas.

Di Twitter, dia mengungkapkan sempat menunggu selama enam jam di bandara. Namun dia harus menunggu kembali di landasan pacu karena ada bocah di pesawat.

"Keamanan besar pun masuk. Pemandangan itu menjadi tontonan menarik bagi para penumpang. Kami harusnya berangkat pukul 16.15. Tapi sekarang hampir pukul 18.00," kata Richardson.

Dia kemudian menulis kembali terjadi perkembangan di mana polisi dengan anjing pelacak masuk dan mereka kembali mengantri untuk menjalani pemeriksaan.

Harian Daily Telegraph memberitakan, satu kemungkinan yang masuk akal adalah si bocah merupakan penumpang transit di Heathrow dan tengah tersesat.

Polisi menyatakan, bocah yang tak disebutkan identitasnya itu ditemukan awak kabin saat pemeriksaan pra-penerbangan, dan bukan merupakan warga Inggris.

"Sebagai langkah keamanan, penumpang diminta keluar setelah diskusi antara polisi dan kapten Bocah itu diduga sebagai penumpang transit," ulas London Evening Standard.

Dalam keterangan resminya, British Airways menyampaikan permintaan maaf atas insiden tersebut, dan menyatakan keamanan penumpang merupakan prioritas utama mereka.

Sementara Bandara Heathrow menjelaskan mereka sudah berkoordinasi dengan polisi karena peristiwa itu memunculkan pertanyaan bagaimana bocah itu bisa lolos dari keamanan.

Baca juga: Jokowi-Maruf Unggul di Los Angeles, Houston, hingga Wina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com