Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Peluncuran Misi Luar Angkasa India Ditunda | Trump Dikecam

Kompas.com - 16/07/2019, 05:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendapat kecaman setelah melontarkan komentar yang dianggap rasis terhadap anggota perempuan Kongres.

Dalam komentar yang dituliskan di Twitter, Trump berujar bahwa anggota perempuan yang merupakan keturunan imigran harusnya kembali ke negara asal mereka.

Kemudian dari India, misi luar angkasa mereka ke Bulan harus ditunda kurang dari satu jam jelang peluncuran setelah ditemukan adanya masalah teknis.

Dua artikel itu masuk ke dalam kabar populer internasional yang terjadi sepanjang Senin (15/7/2019) hingga Selasa pagi (16/7/2019).

1. Misi Luar Angkasa India ke Bulan Dibatalkan 56 Menit Sebelum Meluncur
India menyatakan telah membatalkan misi ke Bulan kurang dari satu jam sebelum diluncurkan setelah dilaporkan muncul kendala teknis.

Penundaan itu terjadi di tengah upaya India sebagai negara keempat setelah Rusia, China, dan AS yang sukses mendaratkan pesawat di Bulan dengan Chandrayaan-2.

Hitung mundur di Stasiun Angkasa Satish Dhawan yang seharusnya direncanakan pada pukul 02.51 Senin (15/7/2019) berhenti di menit ke-56 dan detik ke-24.

Seperti apa pernyataan lengkap badan antariksa India terkait dengan masalah yang muncul bisa Anda baca di sini.

2. Trump Minta Anggota Kongres AS Perempuan untuk Kembali ke "Negara Asal"
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuai kecaman setelah melontarkan komentar terhadap anggota Kongres perempuan dari minoritas dan kulit hitam.

Dalam rangkaian kicauannya di Twitter, Trump menyebut terdapat anggota Kongres AS yang "progresif" karena berasal dari negara yang pemerintahannya dia sebut korup dan hancur lebur.

Trump menyindir para anggota "progresif" itu berusaha untuk memberi tahu AS, negara yang dia anggap terkuat dan terbaik di dunia, tentang bagaimana cara menjalankan pemerintahan.

Komentar Trump yang dianggap rasis sehingga menimbulkan kecaman dari berbagai kalangan itu bisa Anda simak di sini.

3. "Jika AS Berniat Menghentikan China, Itu Sudah Sangat Terlambat"
Seorang negarawan senior Italia meyakini, pendekatan yang dilakukan Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump terhadap China sangatlah salah.

Romano Prodi, mantan Perdana Menteri Italia dua periode dan eks Presiden Komisi Eropa telah berpengalaman selama 30 tahun ketika menjalin relasi dengan China.

Dia mengemukakan strategi yang dijalankan Trump seperti menerapkan perang dagang dengan China dalam satu tahun terakhir bakal menemui kegagalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com