Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diancam Taliban, Radio Swasta di Afghanistan Memilih Tutup

Kompas.com - 15/07/2019, 21:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters

KABUL, KOMPAS.com - Sebuah stasiun radio swasta di Afghanistan memutuskan untuk tutup setelah menerima serangkaian ancaman dari seseorang yang mengaku sebagai komandan Taliban.

Ancaman yang disampaikan itu berkaitan dengan kebijakan stasiun radio yang mempekerjakan wanita sebagai presenter, demikian disampaikan pejabat stasiun radio itu, Senin (15/7/2019).

Stasiun radio swasta, Samaa, telah menyiarkan program acara politik, agama, sosial, dan hiburan dari kantor mereka di provinsi Ghazni sejak 2013.

Mereka melakukan siaran dalam dua bahasa utama di Afghanistan, yakni bahasa Dari dan Pashto, serta mempekerjakan 13 karyawan, termasuk tiga presenter perempuan.

Baca juga: Pejabat Senior Taliban: Para Pemberontak Tetap Ingin Perdamaian

Direktur stasiun radio, Ramez Azimi, mengatakan komandan Taliban di daerah itu telah mengirim peringatan tertulis dan menelepon pihak radio untuk memberitahu stasiun radio agar berhenti mempekerjakan wanita.

"Taliban bahkan juga datang ke rumah saya dan mengeluarkan ancaman," kata Azimi, menambahkan dirinya sampai harus menunda siaran karena ancaman itu.

Namun disampaikan, juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, pihaknya menyangkal bahwa seorang komandan Taliban telah mengeluarkan ancaman.

"Kami akan berusaha mencari detail atas masalah ini," kata Mujahid, dikutip Reuters.

Mujahid menambahkan, banyak orang yang telah secara salah mengidentifikasi diri mereka sebagai Taliban, seringkali dalam proses perselisihan pribadi.

Taliban mengendalikan sejumlah distrik di Ghazni dan memegang kendali sekitar setengah wilayah Afghanistan dan telah mengintensifkan serangan meski saat ini sedang dilakukan upaya perjanjian damai untuk mengakhiri perang selama 18 tahun.

Taliban sempat memerintah hingga sebagian besar wilayah Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001. Di bawah interpretasi garis keras terhadap hukum Islam, perempuan dilarang perempuan bekerja atau pergi ke sekolah.

Namun baru-baru ini, Taliban mulai memproyeksikan diri sebagai kekuatan yang lebih moderat.

Baca juga: Pentagon Disebut Berencana Mengganti Pengeluaran Taliban

Dalam sebuah pernyataan, Taliban bahkan mengatakan bahwa Islam memberi hak-hak kepada perempuan di berbagai bidang termasuk bisnis dan kepemilikan, warisan, pendidikan, pekerjaan, pemilihan suami, keamanan, dan kesejahteraan.

Tetapi mereka mengecam tindakan aktivis hak-hak perempuan yang mendorong mereka untuk menentang kebiasaan Afghanistan.

Taliban telah melakukan banyak serangan mematikan terhadap media, membawa Afghanistan sebagai salah satu negara paling berbahaya di dunia bagi profesi jurnalis.

Namun Taliban mengatakan hanya menargetkan media yang bias terhadap mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com