Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visa Disetujui, Menteri Luar Negeri Iran Bakal Kunjungi AS Pekan Ini

Kompas.com - 15/07/2019, 17:23 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat telah mengabulkan permohonan visa dari Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, untuk menghadiri pertemuan PBB di New York, pekan ini.

Informasi tersebut disampaikan dua sumber dari pejabat AS yang dekat dengan masalah ini kepada Reuters, Minggu (14/7/2019).

Menurut sumber tersebut, permohonan visa telah disetujui secara langsung oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Persetujuan pemberian visa kepada Zarif, yang juga merupakan negosiator nuklir Iran, menjadi sinyal bahwa AS berusaha membuka pintu diplomasi terhadap Teheran, di tengah peningkatan ketegangan antara kedua negara.

Baca juga: Iran Umumkan Bakal Melanggar Perjanjian Nuklir 2015

Sebaliknya, jika permohonan visa diplomat utama Iran itu tidak disetujui, maka AS akan dianggap semakin menjauhkan upaya diplomasi dan lebih jauh mengisolasi negara Republik Islam itu.

Ketegangan antara AS dengan Iran semakin memburuk sejak Presiden Donald Trump menarik Washington dari kesepakatan nuklir 2015 dan memberlakukan kembali sanksi terhadap Teheran, yang menyasar ekspor minyak negara itu.

Sejak pemberlakuan kembali sanksi AS, Teheran telah mengancam bakal meninggalkan kesepakatan nuklir dan kembali kepada produksi uranium Iran sebelum kesepakatan.

Beberapa pekan terakhir, Iran bahkan mengumumkan telah melebihi batasan jumlah cadangan dan tingkat pengayaan uraniumnya.

AS juga menuduh Iran berada di balik serangkaian serangan terhadap kapal-kapal tanker yang melintasi wilayah Teluk, yang langsung dibantah Teheran.

Pada 24 Juni lalu, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin telah memperingatkan bakal menjatuhkan sanksi terhadap Zarif, namun hal tersebut belum direalisasikan hingga saat ini.

Baca juga: Langgar Aturan Pengayaan Uranium, Iran Bakal Hadapi Sanksi Tambahan dari AS

Memberlakukan sanksi pada kepala negosiator Iran akan menjadi hal yang tidak biasa karena dapat menghalangi upaya AS untuk menggunakan jalur diplomasi dalam menyelesaikan perselisihan dengan Teheran.

Sementara itu, misi Iran untuk PBB mengatakan, Zarif telah tiba di New York, di mana ia akan menghadiri pertemuan menteri di markas PBB tentang tujuan pembangunan berkelanjutan, yang bertujuan untuk mengatasi masalah termasuk konflik, kelaparan, kesetaraan jender dan perubahan iklim pada tahun 2030.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com