Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misi Luar Angkasa India ke Bulan Dibatalkan 56 Menit Sebelum Meluncur

Kompas.com - 15/07/2019, 10:03 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com — India menyatakan telah membatalkan misi ke Bulan kurang dari satu jam sebelum diluncurkan setelah dilaporkan muncul kendala teknis.

India ingin misi Chandrayaan-2, berarti kendaraan bulan, sukses supaya menjadi negara keempat setelah Rusia, AS, dan China sebagai negara yang sukses mendarat di Bulan.

Baca juga: 28 Januari 1986 Challenger Meledak, Guru Pertama dalam Misi Luar Angkasa Tewas

Hitung mundur di Stasiun Angkasa Satish Dhawan yang seharusnya direncanakan pada pukul 02.51 Senin (15/7/2019) berhenti di menit ke-56 dan detik ke-24.

"Masalah teknis teramati di sistem kendaraan peluncur pada T-56," demikian pernyataan Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO) dikutip oleh AFP.

"Sebagai tindakan pencegahan, jadwal peluncuran Chandrayaan-2 bakal dibatalkan hari ini. Jadwal peluncuran selanjutnya bakal diumumkan," lanjut ISRO.

Satu jam sebelum peluncuran, ISRO sudah menyatakan bahwa pengisian hidrogen cair yang merupakan bahan bakar roket sudah selesai dilaksanakan.

Perhatian terhadap misi luar angkasa India meningkatkan karena momen peluncuran itu lima hari jelang peristiwa astronot AS, Neil Armstrong, menginjakkan kaki di Bulan, 50 tahun silam.

India disebut menghabiskan hanya 140 juta dollar AS, sekitar Rp 1,9 triliun, untuk mempersiapkan Chandrayaan-2, dan diklaim sebagai misi termurah yang pernah ada.

Sebagai perbandingan, AS menghabiskan hingga 100 miliar dollar AS sesuai kurs saat ini, atau Rp 1.394 triliun, untuk misi Apollo 15 pada dekade 1960 dan 1970-an.

Rencananya seperti dilansir BBC, Chandrayaan-2 bakal mendarat di kutub selatan Bulan, dan berfokus pada permukaan, mencari air dan mineral, hingga memastikan gempa.

Hampir semua bagian roket, kendaraan jelajah, hingga pendarat Chandrayaan-2 diproduksi di India dengan misi pendaratan itu dijadwalkan terjadi 6 September nanti.

Misi pertama India di Bulan Chandrayaan-1 terjadi pada 2008. Misi itu tidak mendarat di Bulan. Namun, mereka melakukan penelitian dengan pencarian air menggunakan radar.

Jika mendarat di Bulan, itu bakal menjadi pencapaian besar bagi India di mana Perdana Menteri Narendra Modi berambisi mengirim manusia ke antariksa pada 2022.

New Delhi juga mempunyai ambisi untuk mendarat ke Bulan. Pada 2014, India jadi negara keempat yang menempatkan satelit di orbit Planet Merah.

Baca juga: 9 Foto Indonesia nan Menakjubkan dari Luar Angkasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com