Kompas.com - 13/07/2019, 20:01 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Turki memutuskan mengacuhkan Amerika Serikat (AS) dengan menerima sistem pertahanan rudal S-400 yang dikirimkan dari Rusia di dekat ibu kota Ankara.

"Pengiriman sistem pertahanan rudal jarak jauh S-400 dilanjutkan hari ini," kata Kementerian Pertahanan Turki seperti diberitakan AFP Sabtu (13/7/2019).

Baca juga: S-400, Sistem Rudal yang Buat Negara Barat Gelisah

Dalam keterangan resminya, Kemenhan Turki menuturkan pesawat keempat berisi suku cadang S-400 dikabarkan sudah mendarat di Bandara Murted di luar Ankara.

AS khawatir jika rahasia jet tempur F-35 bakal bocor ke Rusia jika Turki mengintegrasikannya dengan S-400, sehingga membuat AS mengancam bakal mengeluarkan mereka.

Selain, Organisasi Kerja Sama Atlantik Utara (NATO) di mana Turki merupakan salah satu anggotanya, juga menyatakan gelisah dengan keputusan pembelian.

Anggota Kongres dari Komite Hubungan Luar Negeri, Eliot Engel maupun Michael McFaul, berulang kali mengecam pembelian itu dan mengancam bakal menjatuhkan sanksi.

Keduanya menyatakan, Presiden Recep Tayyip Erdogan sudah diberikan pilihan. "Sayangnya dia sudah menjatuhkan keputusan yang salah," keluhnya.

Turki melalui Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu menanggapi dengan menolak peringatan AS. "Kami terus mengatakannya. Pembelian ini sudah sah dan dilanjutkan," katanya.

Baca juga: Turki Beli Sistem Rudal S-400 Rusia, NATO Gelisah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.