Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abaikan Peringatan AS, Turki Terima Sistem Rudal S-400

Kompas.com - 13/07/2019, 20:01 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

ANKARA, KOMPAS.com - Turki memutuskan mengacuhkan Amerika Serikat (AS) dengan menerima sistem pertahanan rudal S-400 yang dikirimkan dari Rusia di dekat ibu kota Ankara.

"Pengiriman sistem pertahanan rudal jarak jauh S-400 dilanjutkan hari ini," kata Kementerian Pertahanan Turki seperti diberitakan AFP Sabtu (13/7/2019).

Baca juga: S-400, Sistem Rudal yang Buat Negara Barat Gelisah

Dalam keterangan resminya, Kemenhan Turki menuturkan pesawat keempat berisi suku cadang S-400 dikabarkan sudah mendarat di Bandara Murted di luar Ankara.

AS khawatir jika rahasia jet tempur F-35 bakal bocor ke Rusia jika Turki mengintegrasikannya dengan S-400, sehingga membuat AS mengancam bakal mengeluarkan mereka.

Selain, Organisasi Kerja Sama Atlantik Utara (NATO) di mana Turki merupakan salah satu anggotanya, juga menyatakan gelisah dengan keputusan pembelian.

Anggota Kongres dari Komite Hubungan Luar Negeri, Eliot Engel maupun Michael McFaul, berulang kali mengecam pembelian itu dan mengancam bakal menjatuhkan sanksi.

Keduanya menyatakan, Presiden Recep Tayyip Erdogan sudah diberikan pilihan. "Sayangnya dia sudah menjatuhkan keputusan yang salah," keluhnya.

Turki melalui Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu menanggapi dengan menolak peringatan AS. "Kami terus mengatakannya. Pembelian ini sudah sah dan dilanjutkan," katanya.

Baca juga: Turki Beli Sistem Rudal S-400 Rusia, NATO Gelisah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com