Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorila Lepas dari Kandang, Kebun Binatang di China Minta Bantuan Tim SWAT

Kompas.com - 13/07/2019, 13:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

HEFEI, KOMPAS.com - Suasana kebun binatang di kawasan tenggara China mendadak berubah panik setelah seekor gorila dilaporkan lepas dari kandang dan berkeliaran.

Yang Yang, seekor gorila jantan berusia 12 tahun, berjalan di kawasan kebun binatang setelah memanfaatkan batang bambu untuk keluar dari kandangnya.

Baca juga: Pawang Jelaskan Asal Muasal Foto Selfie Gorila yang Viral

Diwartakan SCMP Jumat (12/7/2019) primata itu berjalan di Kebun Binatang Hefei di mana para pengunjung hanya bisa memandang Yang Yang dengan takjub.

Pawang pun dikerahkan untuk memburunya setelah sebelumnya melakukan evakuasi pengunjung. Mereka juga meminta bantuan pasukan khusus polisi, atau SWAT.

Kejadiran SWAT bisa menyudutkan Yang Yang yang kemudian terlihat berada di kandang hewan lain untuk beristirahat. Unit Black Panther menggunakan kesempatan itu untuk melumpuhkannya.

Mereka mengisi senapan dengan peluru bius, mengarahkannya, dan menembaknya tepat di bahu si gorila, dan membuatnya menggaruk-garuk peluru itu.

Obatnya pun bekerja dengan Yang Yang dilaporkan tertidur. Setelah memastikan kondisinya aman, pawang mulai naik dan menurunkan Yang Yang dengan selamat.

Petualangan Yang Yang untuk bebas berakhir siang hari, dan begitu dia terbangun, dia sudah berada di kandang yang tentunya lebih kecil, namun memastikan dia tak keluar lagi.

Seorang pekerja kebun binatang mengatakan, ini bukan kali pertama gorila yang masuk sejak 2008 silam itu melakukan upaya untuk melarikan diri.

Pada 2010, pawangnya mencoba menjodohkan dengan gorila betina bernama Wan Xing. Namun alih-alih kawin, pasangan itu malah bekerja sama untuk kabur.

Karena itu, Yang Yang dan Wan Xing pun dipisahkan. Adapun tidak ada pengunjung yang terluka dengan kebun binatang tersebut langsung ditutup pasca-insiden.

Baca juga: Selfie 2 Gorila dan Pawangnya Diragukan, Ini Tanggapan Taman Nasional Kongo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com