Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Tuduh China Tak Beli Produk Pertanian AS Seperti yang Dijanjikan

Kompas.com - 11/07/2019, 22:08 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuduh China tidak membeli produk pertanian negaranya seperti yang sudah disepakati.

Tuduhan yang dilontarkan di Twitter itu terjadi di pekan yang sama ketika perwakilan AS dan China bertemu sejak negosiasi yang terjadi pada Mei nyaris kolaps.

Baca juga: Bertemu Presiden China Xi Jinping, Trump Sepakat Mulai Lagi Negosiasi Perdagangan

Trump dan Presiden China Xi Jinping bertemu dalam KTT G20 di Osaka, Jepang, pada 28-29 Juni di mana kedua pemimpin sepakat untuk menggulirkan kembali negosiasi perdagangan.

Dilansir AFP Kamis (11/7/2019), dalam kicauannya di Twitter Trump menyatakan Meksiko sudah membuat kemajuan mengagumkan dalam menangani migran di perbatasan.

"Tapi China mengecewakan karena tidak membeli produk dari para petani hebat kami seperti yang mereka janjikan. Semoga mereka segera memulainya," kata Trump.

Menyusul pertemuan di Osaka, Trump menyatakan Beijing telah menawarkan diri untuk membeli makanan maupun produk pertanian AS dalam "jumlah mengagumkan".

Karena itu, presiden berusia 73 tahun itu mengatakan dia menunda penetapan tarif baru atas produk China senilai 300 miliar dollar AS, sekitar Rp 4.219 triliun.

Menurunkan defisit perdagangan dengan China merupakan misi utama Trump yang juga menuduh Beijing mencuri teknologi mereka dan merebut pasar secara tak adil.

Sejak tahun lalu, AS dan China saling menjatuhkan tarif sebesar 360 dollar AS, sekitar Rp 5.063 triliun, dalam perang dagang.

Baca juga: Imbas Perang Dagang, Pemerintah AS Minta Hakim Batalkan Gugatan Huawei

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com