Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Remaja yang Hilang 36 Tahun Silam, Vatikan Gali 2 Kuburan

Kompas.com - 11/07/2019, 19:25 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Vatikan mengumumkan tengah memulai proses penggalian dua kuburan yang diyakini berisi kerangka remaja yang dilaporkan hilang 36 tahun silam.

Emanuela Orlandi, putri seorang pegawai Vatikan, dilaporkan terakhir kali terlihat ketika mengikuti pelajaran musik di usianya yang menginjak 15 tahun.

Baca juga: Penemuan Tulang Manusia di Properti Vatikan Bisa Pecahkan Misteri 1983

Selama bertahun-tahun seperti diwartakan AFP Kamis (11/7/2019), teori dan spekulasi bermunculan tentang siapa penculiknya atau di mana jenazahnya berada.

Kakak Emanuela, Pietro, yang masih belum menyerah mengungkap nasib adiknya dilaporkan sudah berada di Pemakaman Teutonik Kamis pagi waktu setempat.

Penggalian yang diikuti forensik, kurator makam, dan pakar iti terjadi setelah pengacara keluarga Emanuela menemukan informasi berupa sebuah foto.

Gambar dari pengacara memperlihatkan sebuah makam beratapkan malaikat dengan sebuah pesan yang berbunyi "Lihat ke mana tangan malaikat itu menunjuk".

Vatikan dalam keterangan tertulis menyatakan telah mengeluarkan izin untuk menggali makam "malaikat" dan yang di sebelahnya untuk menghindari kesalahpahaman.

Berada di situs asli Kaisar Nero, kawasan kecil namun rindang itu diberitakan merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi pegawai Vatikan yang berbahasa Jerman.

Puluhan media maupun turis yang penasaran berkumpul di depan pintu masuk pemakaman di mana pemakaman yang dibuka merupakan milik putri yang dikubur pada 1836 dan 1840.

Setelah penggalian, kerangka diduga Emanuela yang diambil dari kuburan itu bakal diteliti langsung oleh antropolog Italia, Giovanni Arcudi, di tempat.

Diwawancarai Vatikan rabu (10/7/2019), Arcudi menjelaskan dia mampu untuk menganalisi dan menentukan usia kerangka yang ditemukan dalam waktu lima jam.

"Banyak bergantung juga pada kondisi lingkungan, iklim di mana mereka ditemukan, kelembaban, dan kemungkinan adanya infiltrasi microfauna," terang Arcudi.

Berdasarkan berbagai teori yang marak berkembang di media, Emanuela diculik oleh sebuah geng kriminal untuk menekan Vatikan guna mengembalikan utang pada 22 Juni 1983.

Klaim lainnya menyebutkan, dia dibawa untuk memaksa pembebasan Mehmet Ali Agca dari penjara, seorang warga Turki yang melakukan percobaan pembunuhan terhadap Paus Yohanes Paulus II pada 1981.

Baca juga: Ingin Peliharaan Lemur, Remaja 19 Tahun Mencuri dari Kebun Binatang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com