Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Uji Coba, Kapal Induk Baru Inggris Berharga Rp 53 Triliun Bocor

Kompas.com - 11/07/2019, 17:18 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,BBC

LONDON, KOMPAS.com - Kapal induk terbaru yang dibangun Inggris dilaporkan terpaksa mengakhiri uji coba dan harus kembali ke pelabuhan setelah mengalami kebocoran.

HMS Queen Elizabeth, kapal terbesar dan terkuat yang pernah dibangun oleh Inggris, awalnya menarik sauh dari Portsmouth dalam pelayaran uji coba selama lima pekan.

Baca juga: Citra Satelit Ungkap China Bangun Kapal Induk Ketiga

Namun diwartakan BBC dan CNN Kamis (11/7/2019), kapal dengan dek sepanjang 280 meter itu terpaksa mengakhiri uji coba lebih cepat dan kembali ke Portsmouth Selasa (9/7/2019).

"Menyusul masalah minor pada sistem internal pada HMS Queen Elizabeth, perusahaan galangan kapal diperlukan untuk menyedot sejumlah kecil air dari kapal," ujar angkatan laut.

Sumber mengatakan kepada BBC, sumber kerusakan kapal berbanderol 3,8 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 53,4 triliun itu berasal dari pipa yang pecah.

Pipa yang disebut bertekanan tinggi itu menyemburkan air dengan kuat dan menyebabkan tangga menjadi rusak serta sejumlah pelat dek menjadi pecah.

Selain itu berdasarkan informasi dari sumber, kebocoran yang terjadi sangat serius karena di beberapa kompartemen, air yang masuk sudah setinggi leher.

Namun Angkatan Laut menepis kabar itu, dan menyatakan kapal induk itu sudah menjalani perawatan serta inspeksi di galangan kering pada Mei lalu.

"Selama di air, 284 katup lambung diganti, pipa saluran air diperiksa, kemudi dibersihkan, dan lapisan cat anti-karat juga dipasang," ujar AL kerajaan.

HMS Queen Elizabeth dilaporkan sudah mengalami sejumlah masalah di antaranya kebocoran segel poros yang menyebabkan masuknya 200 liter air setiap jam.

Kemudian Mei lalu, kapten kapal itu diberitakan dicopot dari jabatannya atas dugaan dia menyalahgunakan jabatan dengan menggunakan mobil Kementerian Pertahanan.

HMS Queen Elizabeth direncanakan bakal diberangkatkan ke AS pada tahun ini untuk menguji coba dengan jet tempur F-35 varian B yang bisa mendarat secara vertikal.

AL Inggris mengklaim HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales yang tengah dibangun merupakan kapal perang terbesar yang mereka mereka bangun.

Baca juga: Politisi Iran: Kapal Induk AS Bisa Tenggelam dengan Rudal Akurat Kami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com