Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Jadi Dalang Pemukulan, Anak Raja Salman Diadili di Perancis

Kompas.com - 09/07/2019, 17:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Putri Raja Salman dari Arab Saudi dilaporkan mulai menjalani persidangan di Perancis atas dakwaan menjadi dalang kasus pemukulan seorang pekerja.

Putri Hassa binti Salman, kakak dari Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dituduh memerintahkan penjaganya memukuli pekerja pada September 2016.

Baca juga: Terlibat Kasus Kekerasan, Saudara Perempuan MBS Akan Diadili di Paris

Diwartakan AFP Selasa (9/7/2019), putri berusia 43 tahun itu dilaporkan memerintahkannya setelah melihat pekerja itu mengambil foto di apartemen super mewah di Paris.

Putri Hassa membantah tuduhan itu dan menyatakan dia menduga si pekerja merencanakan untuk menjual foto kediamannya di kawasan elite Avenue Foch.

Si pekerja yang tak disebutkan identitasnya itu mengaku dirinya diikat dan disuruh mencium kaki sang putri. Setelah itu dia disiksa dan perlatannya disita.

"Bunuh dia. Si anjing itu. Dia tidak pantas untuk hidup," begitulah teriakan Putri Hassa kepada si pekerja yang diwawancarai media Perancis Le Point.

Yassine Bouzrou yang menjadi kuasa hukum penjaga Putri Hassa menerangkan, dia berharap hakim bisa melihat banyaknya kontradiksi dan menyebut si pekerja berbohong.

Sementara si pengawal yang juga tidak diberitakan identitasnya itu mengajukan kasus terpisah atas dugaan pencemaran nama baik terhadap pekerja tersebut.

Putri yang dikenal di Saudi karena pekerjaan amalnya itu menjadi subyek perintah penangkapan yang dikeluarkan otoritas Perancis pada Maret 2018 lalu.

Oleh Paris, dia terjerat dalam tuduhan kekerasan bersenjata, keterlibatan dalam menahan seseorang di luar kehendak mereka, serta kasus pencurian.

Sementara penjaganya dijerat kekerasan bersenjata, pencurian, memberikan ancaman mati, serta terlibat dalam menahan seseorang di luar kehendak mereka.

Adiknya, Pangeran MBS, juga menjadi sorotan internasional karena diduga terlibat dalam kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi pada 2 Oktober 2018.

Pakar PBB Agnes Callamard merilis laporan MBS bertanggung jawab atas kematian Khashoggi yang disebut dimutilasi di gedung Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Baca juga: Diduga Jadi Pelaku Pemukulan Seekor Kucing, Remaja Ini Ditahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com