Kompas.com - 05/07/2019, 16:39 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Mahasiswa Australia yang sempat diberitakan ditahan oleh otoritas Korea Utara selama sekitar sembilan hari, kini disarankan untuk tidak kembali ke negara itu.

Alek Sigley (29), mahasiswa Sastra Korea Universitas Kim Il Sung di Pyongyang sempat dilaporkan hilang pada 25 Juni lalu dan diduga telah ditahan otoritas Korea Utara.

Namun, Kamis (4/7/2019), Perdana Menteri Australia Scott Morrison menerima kabar jika Sigley telah dibebaskan oleh pemerintah Korea Utara.

"Saya dengan senang mengumumkan bahwa dia selamat dan kini dalam keadaan baik-baik saja," ujar Morrison yang menambahkan pembebasan mahasiswa Australia itu juga berkat pembicaraam yang dilakukan Swedia kepada Korea Utara.

Baca juga: Sempat Hilang Kontak, Mahasiswa Australia Dibebaskan Korut

Sigley kini dikabarkan tengah berada di Tokyo, Jepang, dan telah berkumpul kembali dengan istrinya, Yuka Morinaga.

Sigley meninggalkan Korea Utara dan terbang ke Beijing, China, di mana dia bertemu dengan pejabat Australia untuk melanjutkan penerbangan ke Tokyo.

Dia sempat terlihat di Bandara Haneda, namun menolak berkomentar di hadapan media, seraya berlalu sambil membuat tanda "V" yang mengekspresikan "perdamaian".

Pada Jumat (5/7/2019), Sigley menyampaikan pernyataan melalui email yang memberitahukan bahwa kondisi dirinya kini baik-baik saja.

"Saya hanya ingin semua orang tahu jika saya baik-baik saja. Saya sangat senang karena bisa berkumpul kembali dengan istri saya, Yuka, dan telah berbicara dengan keluarga saya di Perth, untuk meyakinkan mereka bahwa saya baik-baik saja," tulisnya.

"Saya sekarang bermaksud untuk kembali ke kehidupan normal," lanjutnya, sambil menambahkan bahwa dia berterima kasih kepada pemerintah Swedia dan Australia atas bantuan mereka dalam pembebasannya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Reuters,AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.