Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembunyikan Mayat Istri di "Freezer" Selama 106 Hari, Pria Ini Dihukum Mati

Kompas.com - 05/07/2019, 15:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Asia One

SHANGHAI, KOMPAS.com - Seorang pria di China dihukum mati setelah terbukti membunuh dan menyembunyikan mayat istrinya di freezer rumah selama 106 hari.

Selain membunuh istrinya, pria bernama Zhu Xiaodong itu juga menggunakan kartu kredit si istri dan menghabiskan 150.000 yuan, sekitar Rp 307,9 juta, bersama perempuan lain.

Baca juga: Robby Beli Burung Rp 1 Miliar, Istrinya Kaget: Lu Gila Ya Beli Burung Seharga Rumah?

Diwartakan China Daily via Asia One Jumat (5/7/2019), Zhu mengajukan banding atas hukuman mati yang diterima dari Pengadilan Rakyat Shanghai Agustus nanti.

Dia terbukti mencekik istrinya, Yang Liping, dalam sebuah pertengkaran pada 17 Oktober 2016 di Hongkou 10 bulan setelah mereka menikah, demikian laporan pengadilan.

Setelah membunuh Yang, Zhu yang merupakan pegawai sebuah toko pakaian menyembunyikan jenazah istrinya di freezer depan rumah selama 106 hari.

Selama 106 hari itu, pria 30 tahun tersebut menyamar sebagai istrinya di media sosial, dan membalas setiap pesan baik dari keluarga maupun teman-temannya.

Zhu akhirnya menyerahkan diri dengan ditemani orangtuanya ke polisi setelah menyadari dia tak bisa lagi menyembunyikan kebenaran terkait pembunuhan si istri.

Sebabnya pada Febuari itu, Zhu dan Yang diminta untuk menghadiri makan malam untuk merayakan ulang tahun ayahnya mengingat Yang adalah anak tunggal.

Zhu membeli freezer yang digunakan menyembunyikan mayat istrinya dibeli secara daring pada 22 September 2016. Dia mengklaim untuk menyimpan makanan ular peliharaannya.

Setelah kematian Yang, Zhu bepergian ke Provinsi Hainan, Nanjing, hingga ke Korea Selatan (Korsel) dan berusaha untuk "melupakan pembunuhan yang dilakukan".

Dia menggunakan kartu kredit istrinya untuk membeli barang mewah dan berfoya-foya. Dia juga menggunakan KTP Yang untuk menginap di hotel bersama perempuan lain.

Keluarga Yang menyatakan, Zhu memang sudah merencanakan untuk membunuh perempuan yang berusia sama dengan suaminya tersebut.

Baca juga: Selamat dari Amukan Beruang, Pria Ini Hadapi Amarah Istrinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asia One
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com