Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emir Dubai Menggugat Sang Istri ke Pengadilan London

Kompas.com - 05/07/2019, 14:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com - Emir Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum dilaporkan menggugat sang istri, Putri Haya, di pengadilan keluarga London, Inggris.

Sidang yang dijadwalkan berlangsung 30 Juli mendatang itu bakal berfokus kepada materi siapa yang mendapatkan hak asuh anak setelah Putri Haya meninggalkan Dubai.

Putri Haya, anak mendiang Raja Hussein dari Yordania sekaligus atlet equestrian di level Olimpiade, diyakini tinggal di kediamannya di Kensington Palaca Gardens.

Baca juga: Diduga Alami KDRT, Istri Emir Dubai Kabur dan Cari Suaka ke Inggris

Dilaporkan Sky News Kamis (4/7/2019), pertikaian antara penguasa berusia 69 tahun dan istrinya itu merupakan drama terbaru yang muncul di hadapan publik.

Maret tahun lalu, putri Sheikh Mohammed berusaha kabur dari Dubai karena mengaku dikekang selama beberapa tahun dan mengalami penyiksaan dalam video berdurasi 40 menit.

Sheikha Latifa saat itu berupaya meninggalkan Dubai dengan bantuan mantan mata-mata Perancis Herve Jaubert dan teman terbaiknya, Tiina Jauhiainen.

Yacht yang mereka tumpangi dilaporkan dicegat di mana mereka mengaku sudah mendapat penyiksaan dari pasukan bersenjata sebelum ditahan di Uni Emirat Arab (UEA).

Jauhiainen dan Jaubert mengatakan, mereka mendengar Sheikha Latifa berteriak ingin mendapatkan suaka di India sebelum dibawa dengan helikopter, dan tak terlihat lagi.

Sheikh merupakan Wakil Presiden sekaligus Perdana Menteri UEA selain sebagai Penguasa Dubai. Dia merupakan salah satu sosok berpengaruh di Timur Tengah.

Dia juga mahir menulis puisi yang merupakan tradisi bagi penguasa di kawasan Teluk, dengan kalimatnya menyiratkan rumor bahwa istrinya kabur dari Dubai.

Spekulasi menyebar setelah akun Instagram dari salah satu putra Sheikh Mohammed membuat puisi yang ditujukan bagi sang ayah pada pekan lalu.

Puisi berjudul You Lived And You Died berisi tentang ketidaksetiaan, di mana media kemudian mengaitkannya dengan putri berusia 45 tahun tersebut.

"Engkau mengkhianati kepercayaan paling berharga, dan permainanmu telah terungkap. Waktu berbohongmu sudah berakir. Tak masalah siapa kami atau siapa engkau," demikian isi puisi itu.

Sheikh Mohammed dan Putri Haya menikah pada 2004. Mereka dikaruniai anak yang masing-masing berusia tujuh dan 11 tahun, serta gemar berkuda.

Putri Haya diketahui merupakan mantan atau equestrian yang tampil di nomor jumping saat Olimpiade Sydney 2000, dan pernah bergabung dalam acara amal bersama Ratu Elizabeth II.

Baca juga: Emir Dubai Syekh Mohammed Bantu Warga Inggris Beli Gereja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com