Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Stromboli di Italia Meletus, Puluhan Warga Melompat ke Laut

Kompas.com - 04/07/2019, 21:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SISILIA, KOMPAS.com - Satu orang tewas dan puluhan lainnya menyelamatkan diri dengan lompat ke laut, saat gunung berapi di Pulau Stromboli, Sisilia, Italia meletus, Rabu (3/7/2019).

Korban tewas diidentifikasi bernama Massimo Imbesi (35), asal Milazzo, Sisilia. Dia sedang bersama rekannya dari Brasil, yang terluka parah, akibat letusan. Demikian dilaporkan kantor berita ANSA, Kamis (4/7/2019).

Gunung Stromboli telah diketahui masih aktif, tetapi dua ledakan yang terjadi sekitar pukul 10.30 pagi, menurut Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi Italia (INGV), sangat kuat hingga mengirim abu dan bara ke lokasi wisata.

Baca juga: Letusan Besar Vesuvius Tak Binasakan Seluruh Kehidupan Pompeii

"Itu seperti neraka karena hujan api yang turun dari langit," kata Pastor Giovanni Longo kepada media lokal, dikutip AFP.

Sementara menurut INGV, ledakan gunung berapi itu didahului dengan lava yang keluar dari mulut kawah, mendorong asap tebal putih yang membumbung tinggi hingga 1.800 meter.

Saat aliran lava dan batuan mulai mengalir dari kawah menuju lokasi wisata Pulau Stromboli, setidaknya 30 turis melemparkan diri ke laut untuk menyelamatkan diri, sementara lainnya memblokade diri di dalam rumah. Demikian dilaporkan ANSA dan Reuters.

Dilansir New York Post, sebanyak 70 orang telah dievakuasi dari desa Ginostra di Stromboli. Sementara petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api yang disebabkan material letusan gunung berapi.

Gunung berapi Stromboli di Pulau Stromboli, Sisilia adalah satu dari tiga gunung berapi aktif yang ada di Italia, bersama dengan Gunung Etna di Sisilia dan Vesuvius di dekat Naples.

Baca juga: Gunung Meletus Muntahkan Lahar, Ribuan Warga Hawaii Dievakuasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com